Indonesia Bakal Punya Pabrik Printer 3D Pertama

Tandaseru – Dalam waktu dekat Indonesia akan memiliki pabrik printer 3D pertama di salah satu kawasan Industri Jakarta dengan menelan biaya sebesar 100 miliar yang akan dimulai pertengahan tahun 2019 ini.

3D printer merupakan salah satu tonggak teknologi untuk Industri 4.0 guna membangun industri manufaktur yang mampu bersaing secara global.

Berdasarkan pemaparan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, ada lima teknologi utama yang menopang industri ini yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human-Machine Interface, Teknologi Robotik dan Sensor, serta Teknologi 3D Printing.

Adapun perusahaan yang akan memproduksi 3D printer ini ialah Inspira Academy yang  merupakan satu-satunya lembaga edukasi pertama di Indonesia yang berfokus pada bidang design dan cetak 3D (3D creation), robotik, dan loT.

“Salah satu keunggulan teknologi 3D printer adalah mempermudah dan mempercepat proses produksi industri di segala bidang. Sayangnya, harga 3D printer masih sangat mahal, baik untuk konsumsi bisnis atau perorangan,” ungkap Sugianto Kolim, Founder dari Inspira Academy.

Untuk itu pihaknya tergerak agar percepatan Industri 4.0 segera terealisasi di Indonesia. Diharapkan dengan adanya pembangunan pabrik tersebut, harga 3D printer akan lebih terjangkau dan dapat menjadi kiblat pertumbuhan Industri 4.0 di kawasan Asia Tenggara.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait