Inflasi Inggris Capai Rekor Tertinggi 2,7 Persen

LONDON (!) – Biro Statistik Nasional Inggris (ONS) menyebutkan inflasi Inggris menembus angka 2,7 persen pada April, rekor tertinggi dalam tiga setengah tahun terakhir,  Selasa (16/5).

Indeks Harga Konsumen naik dari 2,3 persen pada Maret, yang juga merupakan rekor tertinggi sejak September 2013. “Kenaikan harga pakaian, cukai kendaraan dan listrik juga memicu kenaikan inflasi,” ungkap ONS.

Kenaikan inflasi Inggris katanya terutama berkat kenaikan tarif penerbangan, bahkan pelemahan nilai tukar poundsterling juga memicu kenaikan biaya impor.

“Tarif penerbangan merupakan kontributor utama kenaikan pada April 2017 meski hal ini menyeimbangkan dampak penurunan pada Maret 2017 dan karena penurunan saat Paskah terjadi agak terlambat dibandingkan tahun lalu,” menurut keterangan Biro Statistik Nasional Inggris (ONS).

Namun inflasi Inggris masih diimbangi dengan harga bahan bakar. “Kontribusi kenaikan inflasi diimbangi oleh penurunan harga bahan bakar selama periode Maret hingga April 2017, dibandingkan dengan kenaikan pada periode yang sama tahun lalu,” menurut laporan ONS.(antara/arh)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait