Ini Cara Polisi Tangkap Pelaku Penculikan Anak Bernama ASA

Tandaseru – Polisi berhasil menangkap seorang nenek paruh baya bernama Anggraini (55) yang menculik seorang anak berinisial ASA (3) pada Minggu (14/4) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan pengungkapan penculikan ini usai pihaknya mendapatkan laporan. Kemudian polisi mengumpulkan barang bukti seperrti cctv dari tempat kejadian guna meringkus pelaku.

“Tanggal 14 April 2019, kita mendapatkan posisi pelaku. Kita dapat informasi pelaku ada disini dan disini, kemudian kita dapatkan tersangka ada di dekat stasiun Pasar Senen,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (15/4).

Usai menemukan tersangka dan korban, kemudian Polisi membawa keduanya ke Polda Metro Jaya. Hal ini dilakukan polisi untik memeriksa tersangka sementara korban dipulangkan ke orang tuanya.

“Kemudian dari hasil pemeriksaan atau keterangan pelaku, bahwa pelaku selama lima hari membawa anak ini kemana-mana,” imbuh Argo.

Argo menjelaskan, pelaku tak mempunyai pekerjaan tetap. Sehari-hari, hanya bekerja sebagai mengemis dari satu masjid ke satu masjid. Bahkan, terkuak jika korban ASA digunakan untuk mendapatkan belas kasihan dari jamaah masjid yang melihat.

“Kemudian sehari-hari pelaku sering tidur di masjid dan nyapu-nyapu sehingga sering dikasih uang oleh jamaah. Kemudian dengan adanya anak kecil dia semakin iba orang yang kemudian memberi sedekah,” jelas Argo.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 328 KUHP subsider pasal 330 KUHP dan atau pasal 76 F Jo Pasal 83 UU RU No.35 Tahun 2014 mengenai perlindungan anak.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait