Ini Dia Tampilan Drone Pemberontak Houthi yang Serang Abqaiq dan Khurais

Tandaseru – Jumat (20/9) Kementerian Pertahanan Saudi Merilis Foto Puing Drone & Rudal yang Digunakan Dalam Serangan terhadap fasilitas pemrosesan minyak Abqaiq dan ladang minyak Khurais akhir pekan lalu.

Kolonel Turki al-Malki, Juru bicara Kementerian Pertahanan Arab Saudi mengatakan bahwa rudal dan drone yang digunakan membuktikan Iran telah mensponsori serangan-serangan itu. Hasil pengumpulan bukti juga menyimpulkan senjata-senjata itu tidak mungkin terbang ke sasaran mereka dari Yaman, di mana pemberontak Houthi Yaman telah mengaku bertanggung jawab.

“Serangan itu diluncurkan dari utara dan disponsori oleh Iran,” kata al-Malki. “Bukti yang telah kamu lihat di depanmu membuat ini tidak bisa disangkal. Delapan belas UAV dan tujuh rudal jelajah digunakan dalam serangan itu. Mereka semua datang dari arah utara dan bukan dari arah Yaman”.

“Kami memiliki banyak bukti dan kami akan memberikannya kepada PBB dan melalui saluran yang tepat sesuai dengan hukum internasional.” tambahnya.

Kementerian Pertahanan Arab Saudi mengidentifikasi rudal yang dipakai untuk serangan adalah rudal jelajah Ya-Ali buatan Iran. Sementara para ahli mengklaim bahwa rudal itu identik dengan rudal Huddy Qudis-1.

Sedangkan untuk UAV, tipenya tidak ditentukan. Namun, Kolonel al-Malki mencatat bahwa UAV serupa telah dipamerkan di Iran sebelumnya.

Serangan terhadap fasilitas Aramco di Abqaiq dan Khura merusak sektor minyak Arab Saudi. Kerajaan terpaksa menurunkan ekspor minyaknya selama beberapa hari, yang menyebabkan lonjakan sementara harga minyak.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait