Ini Kritik Keras Fahri Hamzah Soal Perpres Tenaga Kerja Asing

JAKARTA (!) – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah merespons gugatan sejumlah perwakilan buruh dari Persatuan Pergerakan menolak Perpres Tenaga Kerja Asing. Ini terkait dengan Perpres No. 20/2018 tentang Tenaga Kerja Asing.

Fahri menilai, perpres ini jelas-jelas tidak berpihak pada tenaga kerja lokal. Fahri menganggap Perpres tenaga kerja asing ini menipu rakyat Indonesia.

“Perpres ini adalah puncak ketidakmengertian mereka (pemerintah) tentang apa yang terjadi,” kata Fahri dalam diskusi di Jakarta, Selasa (17/4).

Menurutnya, Perpres ini lahir sebagai bentuk aturan melegalkan (tenaga asing) dan menipu bangsa Indonesia. Sebelum perpres ini, kata dia, jelas diawali dengan cara-cara yang membuat masyarakat seolah tanpa disadari telah dipinggirkan haknya.

Sementara itu anggota Persatuan Pekerja Muslim 98 (PPMI 98) Syahganda Nainggolan mendukung pencabutan aturan ini. Ia menilai aturan ini tak melindungi tenaga kerja lokal. Misalnya, tenaga kerja asing tak diharuskan berbicara dengan bahasa Indonesia.

“Saya mendukung perpres semacam ini dicabut. Bukan melindungi tenaga kerja lokal, tidak menyerap tenaga kerja lokal,” jelas Syahganda.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait