Ini Tanggapan Dua Mantan Kapolri Terhadap Kinerja Polri Sekarang

Tandaseru – Polri telah menginjak usia 72 tahun dan diperingati menjadi sebuah hari Bhayangkara Polri. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara HUT Bhayangkara di Istora Senayan, Rabu (11/7/2018).

Sejumlah keberhasilan Polri diungkapkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian. Di antara keberhasilan tersebut adalah menjadi 10 negara teraman dan memeproleh kepercayaan publik lebih baik. Lalu bagaimana tanggapan para petinggi Polri sebelumnya?.

Mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn.) Da’i Bachtiar misalnya mengapresiasi jajaran Polri bisa lebih mengemban tugas dengan baik. Komando kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mampu mendorong tingkat kepercayaan publik kepada Polri.

“Sebagai salah satu senior saya merasa apresiasi dan bangga atas apa yang dilakukan Polri termasuk melaksanakan event besar kenegaraan berjalan lancar,” ujar Da’i saat menghadiri HUT ke-72 Bhayangkara, Istora, Senayan, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia ini juga mengakui kinerja Polri semakin baik dari sejumlah hasil survei nasional dan internasional. Perbandingan dinilai jauh berbeda saat ia memimpin Korps Bhayangkara pada akhir tahun 2001-2005.

“Kalau saya bandingkan di era saya dan juga diakui beberapa survei menunjukan kepercayaan rakyat kepada polri semakin meningkat. Era saya masih 40-50 persen, sekarang sudah menunjukan 70-80 persen kepercayaan publik kepada publik,” paparnya.

Sementara itu, mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn.) Sutarman juga menyampaikan hal senada. Kinerja nyata yang dilakukan diakui mendapat penghargaan yang baik dari masyarakat ihwal tingkat kepercayaan.

“Polri selama ini memiliki data tentang jaringan terorisme mulai dari sel paling kecil, sel-sel yang tidak bergerak, sel-sel yang masih bergerak, seluruhnya saya kira sudah dikuasi polri,” ujarnya.

Ia mengharapkan jajaran Polri yang masih aktif terus meningkatkan profesionalismenya. Tingginya tingkat kepercayaan itu perlu dijaga dengan penuntasan tugas, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Terus dibenahi agar semakin meningkat kepercayaan masyarakat dan pelayanan masyarakat. Kita ucapkan selamat di ulang tahun ke-72 ini,” pungkas dia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -