Inspirasi Ramadhan, ini 5 Kegiatan Positif di Bulan Penuh Berkah

Tandaseru – Meskipun saat berpuasa harus menahan nafsu makan dan minum, bukan berarti hal tersebut jadi penghalang untuk melakukan aktivitas secara maksimal. Banyak kegiatan positif di bulan ramadhan yang bisa dilakukan.

Apabila bermalas-malasan, tubuh malah akan semakin lemas. Berbagai jenis kegiatan tentunya masih bisa dilakukan seperti  pada bulan-bulan lainnya.

Nah, khusus di bulan penuh berkah ini, sebaiknya lakukan kegiatan positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang banyak. Ikuti 5 kegiatan bermanfaat berikut ini, yuk!

Bertadarus dan menghatamkan Al-Qur’an

Bertadarus dan membaca Al-Qur’an tentu jadi kegiatan yang dianjurkan di bulan Ramadhan. Sebab menjadi waktu yaang tepat untuk memiliki ganjaran yang berlipat, maka perbanyak ibadah.

Salah satunya dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Jika Anda bekerja, maka Anda bisa membawa Al-Qur’an ke kantor dan membacanya saat jam istirahat.

Bergotong royong membersihkan rumah

Ada sebuah hadis yang terkenal dalam Islam yaitu “kebersihan adalah sebagian dari Iman”. Nah, di bulan ramadhan yang penuh kebaikan ini tak ada salahnya jika Anda bersama anggota keluarga yang lain bergotong royong membersihkan rumah.

Rumah yang bersih bukan hanya nyaman untuk dihuni, namun juga sebagai cerminan dari penghuni rumah itu sendiri.

Mencoba resep makanan ringan

Sambil menunggu waktu berbuka tiba atau saat memiliki waktu senggang, Anda bisa mempraktikan resep-resep makanan ringan. Bisa melalui buku resep yang Anda miliki atau melalui Youtube.

Pilihlah makanan yang menjadi favorit Anda dan keluarga untuk dijadikan menu berbuka puasa. Anda bisa menyelipkan pahala dari hal ini loh.

Makanan yang dibuat bisa saja Anda kirimkan kepada tetangga atau masjid terdekat di rumah. Tidak ada salahnya untuk berbagi di bulan penuh berkah ini, kan?

Membaca buku

Jika Anda mengalami kebingungan ingin melakukan apa sambil menunggu waktu berbuka tiba, coba bayangkan diri sendiri untuk melihat dunia yang sangat luas.

Caranya? Ya, tentu dengan membaca buku. Tidak harus buku-buku yang bertema tentang ilmu agama, buku apa saja yang bisa menjadi “jendela” terbaik Anda untuk melihat dunia.

Misalnya jika Anda menyukai dunia fotografer, Anda bisa mencari asal usul darimana munculnya foto, negara asalnya atau bisa mencari pembahasan ilmu lainnya yang Anda sukai.

 

Berolahraga

Puasa bukan berarti Anda tak boleh berolahraga. Sempatkanlah untuk berolahraga sebentar di waktu pagi, setelah shalat subuh, ataupun sore hari.

Tidak perlu olahraga yang berat, Anda bisa berjalan santai sambil mencari menu berbuka yang lezat dan nikmat. Bisa juga bersepeda mengelilingi taman di sekitar komplek rumah.

Atau jika olahraga fisik masih terasa berat, kegiatan positif di bulan ramadhan lainnya bisa dengan mencoba olahraga yang membutuhkan ketangkasan dan srategi, seperti bermain monopoli atau catur.

Kumpulan Berita Terkait