The Irfan Model Bawa BJB Sukses Bertransformasi

BANDUNG (!) – Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) sukses bertransformasi dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) menjadi bank nasional berkat menerapkan The Irfan Model.

Ya, The Irfan Model alias strategi serta terobosan dari Direktur Utama BJB, Ahmad Irfan membuat bank yang sahamnya dimiliki Provinsi Jawa Barat dan Banten itu memperoleh capaian gemilang.

Memimpin BJB sejak 2014, Irfan mampu menelurkan berbagai inovasi untuk meningkatkan daya saing BPD di tengah ketatnya kompetisi industri perbankan dan ketidakpastian ekonomi.

Apalagi BPD memiliki keunikan dibandingkan bank lain. Yakni terletak pada dukungan kuat dari pemerintah, namun keunikan itu bisa berdampak buruk bagi BPD jika tetap berada pada zona nyaman.

Ditambah, dalam dua tahun terakhir serbuan era digitalisasi melalui financial technology atau fintech hadir dan mulai menggerus bisnis bank.

Walhasil, mau tak mau adaptasi terkait perkembangan zaman dan teknologi harus dilakukan oleh bank konvensional guna menuju transaksional bank.

Nah, strategi Irfan memimpin BJB dituangkan dalam buku berjudul The Irfan Model: Manuver dan Strategi BPD di Tengah Ketidakpastian Ekonomi.

Buku yang diluncurkan beberapa hari lalu itu berisi mengenai kesuksesan BJB dalam 4 tahun terakhir bertransformasi dari BPD menjadi bank bertaraf nasional.

The Irfan Model itu pada intinya merangkum pemikiran Sang Dirut mengenai strategi mengelola BPD di tengah persaingan yang semakin ketat.

“Menerbitkan buku ini adalah amal ibadah karena satu ilmu yang kami tularkan akan dibalas dengan seribu ilmu yang didapat. Semoga ini dapat bermanfaat,” ujarnya.