Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Irjen Safaruddin: Nggak Masalah sebagai Cawagub di Pilkada Kaltim

JAKARTA (!) – Perwira Tinggi Kepolisian, Inspektur Jenderal Polisi Safaruddin menyebut dirinya siap dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah pada tahun ini walaupun tidak diusung sebagai calon gubernur Kalimantan Timur melainkan menjadi cawagub.

“Kan kemarin sudah daftar. Saya sebagai calon wakil gubernur, kita tinggal konsolidasi langkah selanjutnya,” kata Irjen Pol Safarudin di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (11/01).

Safaruddin mengaku semua keputusan yang sudah diambil dia serahkan kepada partai pengusungnya yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk menjadikan dirinya sebagai pendamping cagub Rusmadi yang merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim.

“Saya serahkan ke partai PDIP siapa yang jadi cagub dan cawagub. Setelah kami bertemu Pak Rusmadi dan PDIP, kita sepakat Pak Rusmadi sebagai calon gubernur, dan saya wakilnya,” ujarnya.

Safaruddin menambahkan tidak menjadi masalah jika dirinya hanya dijadikan calon wakil gubernur saja. Menurutnya, yang terpenting adalah dia bersama cagub Rusmadi mempunyai visi misi yang sama.

“Tidak masalah, yang penting saya bilang sampaikan ke Pak Rusmadi visi misi kita menbangun Kalimantan Timur lebih baik,” tambahnya.

Selanjutnya, walaupun sempat terjadi ketegangan antara Irjen Pol Safaruddin dengan Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, namun dia memastikan bahwa hubungannya dengan Jaang tetap berjalan dengan baik. “Bagus, cukup baik. Saya sampaikan bahwa jangan karena politik kita bermusuhan,” pungkasnya.

Sebelumnya, PDI Perjuangan telah mengubah strategi dalam kontestasi pemilihan gubernur Kalimantan Timur pada tahun ini. Semula Irjen Pol Safaruddin yang dipersiapkan untuk menjadi Calon Gubernur Kalimantan Timur.

Namun, saat melakukan pendaftaran, PDIP mengubah posisi Safaruddin sebagai Calon Wakil Gubernur Kalimantan Timur untuk mendampingi Rusmadi.