Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

ISIS Klaim Bertangung Jawab Serangan Gereja Koptik Mesir

BEIRUT (!) – Kementerian Kesehatan Mesir menyebutkan 10 orang tewas, termasuk satu penyerang dan satu polisi  ( keduanya Muslim) serta delapan anggota jemaat Koptik dalam sebuah serangan terhadap gereja Koptik di Kairo, Jumat (29/12) waktu setempat.

Sementara itu, sedikit lima orang terluka, dua di antaranya berada dalam kondisi kritis. Kementerian Dalam Negeri Mesir menyebutkan satu penyerang lainnya kabur dari lokasi kejadian menggunakan sepeda motor namun kemudian berhasil ditangkap.

Meski demikian, petugas berhasil menjinakkan bom yang ditanam di dekat gereja itu.

Dambar-gambar di televisi memperlihatkan satu penyerang dengan mengenakan rompi amunisi tebal tergeletak di jalan. Kepala Direktorat Keamanan Kairo mengatakan penyerang lainnya ditangkap dalam keadaan membawa satu bom, 150 peluru dan sepucuk senjata otomatis..

Sejumlah saksi mata menyebutkan kedua milisi bertopeng itu dengan sepeda motor masuk ke jalan yang mengarah ke sisi barat gereja. Mereka kemudian turun dari motor dan mengincar pos keamanan di luar gereja.

Atas serangan tersebut, kelompok ISIS menyatakan bertanggung jawab atas serangan di sebuah gereja Koptik di Kairo pada Jumat, yang menewaskan 11 orang.

Pernyataan itu dimuat oleh kantor berita Amaq, milik kelompok militan itu, tanpa menyertakan bukti-bukti pendukung.(Ant)

Anda mungkin juga berminat