Jadi Founding Father, BJ Habibie Bantu Lahirkan Telkomsel

Tandaseru – Indonesia masih berduka atas wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie pada Rabu, (11/9) pukul 18.05 WIB. Salah satu putra terbaik bangsa kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936, itu menghembuskan napas terakhir di usia 83 tahun di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Selain berjasa dalam perkembangan teknologi pesawat terbang nusantara, Bj Habibie juga berperan dalam kelahiran operator seluler Telkomsel.

“Sejarah cikal bakal berdirinya PT Telkomsel tidak lepas dari peran penting almarhum,” kata Garuda Sugardo mengawali kisah romantik BJ Habibie dan Telkomsel.

Bahkan Telkomsel menyebut BJ Habibie sebagai salah satu Founding Fathers perusahaan. Kaetika masih menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) RI pada 14 Juli 1993, sejumlah direksi PT Telkom menemui Habibie.

Pertemuan itu rupanya menghasilkan persetujuan dan penerapan teknologi Global System for Mobile Communications (GSM) sebagai standar teknologi seluler Indonesia.

Berawal dari persetujuan BJ Habibie ini yang menjadi dorongan besar pengembangan industri seluler analog ke digital di Indonesia.

Setahun kemudian, tepatnya pada 2 September 1994, BJ Habibie meresmikan pengoperasian Telkomsel GSM di Pulau Batam.

Habibie yang didampingi Direktur Utama Telkom, Setyanto, dan Kepala Proyek Sistem Telekomunikasi Kendaraan Bergerak Telkom, Garuda Sugardo, melakukan percobaan teknologi GSM.

Ia melakukan uji coba melalui hubungan telepon dari layanan GSM Telkomsel perdana, dari Batam ke Jakarta dan London.

Keberhasilan telepon di Batam, itu yang menjadi awal mula lahirnya PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) pada 26 Mei 1995. Peristiwa tersebut juga menjadikan BJ Habibir menjadi pelanggan pertama Telkomsel. Tepat

“Bapak Habibie merupakan sosok yang penting bagi kami, beliau memiliki hubungan sejarah erat dalam proses beroperasinya teknologi selular Global System for Mobile Communications di Indonesia serta beroperasinya layanan Telkomsel pertama kali di Pulau Batam,” kenang Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini, dalam siaran persnya, Kamis (12/9).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait