Jadi Pendana dalam Kasus Perencanaan Pembunuhan 4 Tokoh Nasional, Habil Maiti Ditangkap

Tandaseru – Polisi kembali menangkap salah satu tersangka bernama Habil Marati (HM) terkait rencana pembunuhan 4 tokoh nasional dan 1 pimpinan lembaga survei. Dalam kasus ini, Habil berperan sebagai pendana kepada tersangka Kivlan Zen dan HK alias Iwan untuk membeli senjata api.

“Tersangka HM berperan memberikan uang. Uang yang diterima tersangka KZ (Kivlan Zen) berasal dari HM, maksud dan tujuannya adalah untuk pembelian senjata api,” kata Wadir Krimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam Indradi di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (11/6).

Uang yang diserahkan Habil Marati ke Kivlan sebesar SGD 15.000 atau senilai Rp 150 juta adalah dana operasional. Kivlan Zen disebut lalu mencari eksekutor dan memberi target 4 tokoh nasional.

“HM juga memberikan uang Rp 60 juta kepada tersangka HK alias I (Iwan) untuk biaya operasional dan pembelian senpi,” jelasnya.

Polisi menyita HP yang digunakan Habil Marati untuk berkomunikasi. Ada pula printout rekening bank yang disita.

Selain Habil Maiti, polisi 7 orang lain dalam kasus pemufakatan jahat melakukan pembunuhan berencana dengan target korbannya empat tokoh nasional dan satu ketua lembaga survei. Ke delapan tersangka itu yakni HK alias I, AZ, IR dan TJ, serta AD dan AF alias VV, dan Kivlan Zen (KZ).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait