Selain Brem, 4 Jajanan Khas Jawa Timur ini Juga Lengendaris Loh!

Tandaseru – Ada banyak jenis camilan di Indonesia, mulai dari tradisional hingga kekinian. Jajanan khas Jawa Timur ini salah satu yang legendaris loh, udah pernah coba?

Seperti yang telah diketahui, Indonesia salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang luar biasa, Anda bisa menemukan beragam jenis masakan, kue hingga jajanan yang melegenda.

Di setiap daerah pasti punya makanan atau jajanan khas yang menggugah selera. Salah satu yang memiliki jajanan legendaris adalah Jawa Timur, mungkin bagi Anda yang tinggal di sana tidak asing dengan jajanan ini.

Umumnya, camilan khas Jawa Timur ini punya rasa yang manis serta aroma yang sedap. Misalnya brem, yang punya bentuk, tekstur dan rasa yang khas.

Tidak hanya brem, jajanan khas Jawa Timur lainnya juga tak kalah enak dan melegenda. Penasaran apa saja yang mungkin namanya masih asing bagi Anda?

Getuk pisang jadi jajanan khas Jawa Timur!

Mungkin nama getuk sering Anda dengar, tapi bagaimana jika getuk dengan rasa pisang, Anda pernah coba? Jajanan khas Kediri, Jawa Timur ini memang legendaris.

Seperti namanya, getuk pisang adalah jajanan yang terbuat dari buah pisang yang kemudian diolah menjadi getuk, dengan cita rasa yang khas.

Keripik apel

Selain pisang, jajanan lainnya ini terbuat dari apel yang merupakan buah identik dari kota Malang, Jawa Timur. Di kota ini pula, terdapat jajanan yang legendaris dan pastinya sangat populer apalagi untuk dijadikan oleh-oleh yaitu keripik apel.

Jajanan Khas Jawa TimurJajanan Opak gambir

Jika dilihat sekilas memang jajanan selanjutnya ini mirip dengan kue semprong. Opak gambir ini adalah jajanan yang berasal dari kota Blitar. Punya cita rasa yang manis, gurih dan bertekstur renyah membuat opak gambir ini khas dan legendaris.

Kue geti

Camilan khas Jawa Timur yang terakhir ini juga legendaris. Kue khas Tulungagung dan Blitar, Jawa Timur ini terbuat dari biji kacang tanah atau biji wijen yang dicampur dengan saus gula merah lalu dibiarkan mengering.

Jadi tekstur yang dihasilkan adalah keras tapi chewy atau lengket dari gula merah saat digigit. Maka cita rasanya manis dan gurih dari kacang.

Itulah sejumlah jajanan khas Jawa Timur yang enak dan legendaris. Sebenarnya ada banyak jajanan Jawa Timur selain yang di atas seperti madu mongso, ledre, jenang mirah, wingko babat dan lainnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait