Jelang Arus Balik dari Jateng ke Jabar, Kemenhub Lakukan Persiapan

Tandaseru – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan koordinasi terkait persiapan arus balik dari Jawa Tengah ke Jawa Barat dan diperkirakan titik lelah pemudik ada di kilometer (km) 108 sampai km 130.

“Hari ini memang ada rapat khusus pengelolaan mudik balik. Nah kita identifikasi dari rapat kita ada kemungkinan titik lelah pemudik di arus balik dari Jawa Tengah ke Jawa Barat ada di km 108 sampai 130,” jelas Menhub Budi, Rabu (13/6/2018).

Untuk mengantisipasi para pemudik yang lelah saat balik nanti menurut Menhub, di lokasi padat sudah tersedia tiga rest area bagi para pemudik untuk beristirahat, dan direncanakan akan ditambah dua rest area lagi.

“Jadi rest area lokasi padat ada tiga di km 186, km 102 dan km 130. Kita akan tambah dua lagi. Kita harus menjamin lokasi itu lebih baik. Dimana Kepolisian, Kemenhub dan Jasa Raharja akan meberikan fasilitas di titik tersebut,” imbuh Menhub.

Sementaravitu, Kementerian Perhubungan mencatat kinerja baik di arus mudik di sektor udara pemudik yang keluar Jakarta meningkat 15 persen dibanding dengan jumlah tahun 2017 serta okupansi mudik gratis dengan kapal yang mencapai 90 persen.

“Dari sektor udara, tercatat pemudik keluar dari Jakarta naik 15 persen dari 2017. Yang kedua sektor laut, meski terbatas tetapi okupansi mudik gratis 90 persen. Mudik gratis ini juga efektif,” kata Menhub.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -