Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Jenderal Polisi Budi Gunawan Masuki Masa Pensiun

JAKARTA (!) – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Pol) Budi Gunawan (BG) resmi memasuki masa pensiun dari dinas kepolisian. BG memasuki usia 58 tahun pada Senin (11/12).

Meski pensiun, BG akan tetap menjabat sebagai kepala BIN karena jabatan tersebut tidak terikat pada masa pensiun Polri.

Asisten SDM Polri Irjen Arief Sulistyanto mengatakan rencana upacara wisuda purnabakti Jenderal BG akan digelar pada Januari 2018 bersama beberapa jenderal Polri lain yang pensiun.

“Hingga saat ini tidak ada jenderal Polri yang naik pangkatnya menjadi jenderal penuh menggantikan pangkat yang ditinggal BG,” ujar Arief di Jakarta, Senin (11/12).

BG menjabat kepala BIN sejak 9 September 2016 menggantikan Sutiyoso. Saat masih aktif di kepolisian, BG pernah menjabat sebagai Wakapolri mendampingi Jenderal Badrodin Haiti dan Jenderal Tito Karnavian.

BG adalah jenderal polisi kedua setelah Jenderal (Purn) Sutanto yang memimpin lembaga telik sandi tersebut. Sutanto memimpin BIN pada 2009-2011.

BG lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 11 Desember 1959. Dia merupakan lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1983. Pada saat berpangkat Komisaris Besar (Kombes) dia pernah menjabat sebagai Ajudan Wakil Presiden (1999-2000) dan Presiden RI (2000-2004) pada masa pemerintahan Megawati.

Pada 9 September 2016, BG diangkat Presiden Joko Widodo menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan pangkatnya dinaikkan dari Komjen Polisi menjadi Jenderal Polisi.

Anda mungkin juga berminat