5 Jenis Keju untuk Kastengel yang Paling Populer, Renyah di Mulut!

Tandaseru – Ingin membuat kastengel sebagai pelengkap kue lebaran? Ada beberapa rekomendasi jenis keju untuk kastengel yang terkenal. Penggemar keju harus tahu agar kastengel jadi lebih istimewa saat lebaran tiba.

Kue kastengel akan lebih spesial bila yang akan dihidangkan pada tamu adalah kastengel buatan sendiri.

Nah, untuk membuat kastengel yang renyah dangan rasa dan aroma kuat, pilihan kejunya harus tepat. Inilah beberapa jenis keju yang cukup disarankan untuk membuat kastengel.

Jenis keju untuk kastengel yang pertama adalah keju parmesan

Keju parmesan termasuk dalam jenis keju berusia tua, teksturnya keras dan kering sehingga membuat rasanya renyah ketika digi­­git.

Keju parmesan paling cocok dijadikan taburan atau topping pada kue kastengel. Sebaiknya tak digunakan untuk bahan campuran adonan dasar karena tekstur adonannya bisa basah terus.

Keju Gouda

Keju merupakan keju kuning yang dibuat dari susu sapi. Menariknya, semakin tua keju ini maka rasa manis karamelnya berkembang.

Meski keju gouda terbilang mahal, keju ini tetap enak dan sedikit renyah. Kerenyahannya berasal dari kalsium laktat atau kristal tirosina yang seperti garam.

Keju Edam

Keju edam punya rasa yang lembut, sedikit asin, dan terasa seperti kacang. Keju ini tidak berbau seperti jenis keju lainnya. Kandungan lemak jenuhnya juga lebih rendah.

Bentuknya keju yang istimewa ini adalah bulat, berwarna kuning terang, dan dibungkus dengan parafin malam berwarna merah.

Sama seperti parmesan, keju edam termasuk dalam jenis keju tua. Teksturnya yang kering bisa membuat kue kastengel terasa lebih renyah.

Keju Cheddar

Keju cheddar paling populer dan sering digunakan untuk aneka kue kering, termasuk kastengel. Keju ini relatif keras dengan warna kuning pucat hingga putih gading.

Keju ini bisa dijadikan bahan campuran adonan kastengel dan juga topping. Bila digunakan sebagai topping.

Caranya parut keju lalu diangin-anginkan lebih dahulu agar kelembapannya berkurang. Sehingga nanti kue kastengel yang dihasilkan bisa terasa lebih renyah.

Cream Cheese

Cream cheese bisa digunakan untuk adonan dasar kastengel. Bahan ini termasuk dalam jenis keju muda yang belum difermentasi.

Cream memiliki teksturnya yang lembut, berwarna putih, dan rasa agak gurih. Bila ingin mendapat rasa keju yang kuat dari adonan dasarnya. Tambahkan cream cheese untuk dihaluskan bersama mentega dengan mixer.

Demikian rekomendasi jenis keju untuk kastengel yang bisa digunakan. Anda bisa memilih atau mengombinasikan jenis-jenis keju ini sesuai resep dan kebutuhan kita.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait