Mudik Bisa Tak Tenang, Jika Tak Waspadai 3 Penyakit Mengancam Ini!

Tandaseru – Mudik lebaran memang sudah jadi tradisi, terutama di Indonesia. Namun dalam setiap pelaksanaannya pasti akan ada hal yang perlu disiapkan dan diwaspadai terutama soal penyakit. Berikut ini jenis penyakit yang mengintai saat mudik!

Di dunia ini ada banyak jenis penyakit yang bisa kapan saja menyerang terutama bagi mereka yang senang bepergian, pasalnya orang yang suka berpetualang akan rentan dengan cuaca atau lingkungan di tempat yang baru seperti dilansir dari ourtripguide.com.

Cacing tambang jadi salah satu jenis penyakit yang mengintai saat mudik loh!

Mungkin ada sebagian orang yang sudah mengetahui soal penyakit akibat cacing tambang. Bagi yang belum mengetahuinya, cacing tambang adalah hewan penyebab rasa gatal luar biasa serta kulit melepuh yang bisa sangat menyakitkan di daerah kaki.

Umumnya, serangan dari cacing tambang terjadi di wilayah tropis seperti di Indonesia. Terutama ketika orang tersebut berjalan tanpa menggunakan alas kaki di tepi pantai, dengan begitu kemungkinan besar terdapat larva cacing yang hidup dalam pasir dan menembus kulit kaki.

Namun sekalipun membahayakan, infeksi cacing tambang tersbeut bisa disembuhkan dalam waktu satu sampai tiga hari usai terdiagnosis.

Agar terhindar dari sakit tersebut, sebaiknya pastikan selalu memakai sandal serta usahakan hindari kontak dengan lokasi yang punya kemungkinan sebagai tempat tinggal cacing tambang.

Ciguatera

Ciguatera merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh makanan berupa daging ikan mentah. Daging ikan mentah itu kemungkinan besar terdapat kandungan mikroorganisme beracun yang menetap di sekitar terumbu karang.

Penyakit tersebut tentu berisiko tinggi saat mengonsumsi ikan mentah yang berada di Samudera Hindia dan Pasifik, serta Laut Karibia.

Gejala dari penyakit satu ini yaitu muntah-muntah, mual bahkan diare usai mengonsumsi ikan mentah tersebut. Pada beberapa kasus bisa bermasalah pada sisi neurologis, seperti pandangan mata kabur serta sakit gigi.

Maka, saat bepergian dan saat tidak mengetahui betul asal makanan itu waspadalah dan usahakan menghindari mengonsumsi daging ikan mentah.

Schistosomiasis

Penyakit bahaya lainnya yang bisa mengintai keluarga Anda saat libur mudik, adalah schistosomiasis sebab penyakit ini disebabkan oleh kegiatan berenang sembarangan.

Gejala awalnya adalah kulit ruam disertai gatal, kemudian berkembang penderita mengalami panas dingin, demam, batuk bahkan sakit otot.

Berenang di sembarang tempat bisa berakibat fatal, sebab kadang air di lokasi itu dapat terkontaminasi dengan zat berbahaya lain.

Umumnya, perairan yang tidak cukup aman untuk digunakan berenang yaitu di daerah Amerika Selatan, Asia, Timur Tengah, Karibia dan Afrika.

Oleh sebab itu, sebelum berenang di perairan yang punya kemungkinan besar terkontaminasi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apalagi bagi mereka yang berkulit sensitif.

Jika sudah tahu, maka ketika mudik nanti harus lebih waspada terhadap beberapa jenis penyakit yang mengintai saat mudik di atas ya, agar liburan tetap menyenangkan!

Kumpulan Berita Terkait