Bahaya, 5 Jenis Stress ini Bisa Jadi Alasan Wanita Sulit Hamil

Tandaseru – Tahukah Anda, ternyata stres  memiliki jenis yang berbeda-beda, bahkan ada beberapa jenis stres yang membuat wanita sulit hamil.

Menurut Dr. Brian Kaplan dari Fertility Centers of Illinois, stres bisa menghambat program kehamilan. Terutama stres yang berlebih bisa membuat pembuahan selama berhubungan intim tidak berjalan lancar.

Selain itu, stres bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan tubuh yang akhirnya mengurangi peluang hamil. Lalu apa saja jenis stres yang bisa menyebabkan wanita sulit hamil? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Jenis stres yang membuat sulit hamil adalah stres dengan gaya hidup

Apabila Anda ingin segera memiliki peluang hamil, cobalah untuk tidak terlalu memikirkan gaya hidup yang berlebihan.

Sebab beberapa orang suka mengikuti gaya hidup tertentu sehingga memikirkan opini orang lain terhadap Anda dan hal ini tentu bisa menimbulkan stres.

Misalnya seperti gaji yang tak cukup untuk jalan-jalan seperti orang lain. Bisa juga stress karena memiliki jam kerja yang panjang, gengsi dan lain sebagainya.

Stres jangka panjang

(tandaseru.id/Dimas)

Stress  jangka panjang pada umumnya menyangkut masalah masa kini yang berhubungan dengan beban pikiran di masa depan.

Seperti misalnya memikirkan uang pendidikan, cicilan rumah, pensiun di masa tua dan hal lain yang menimbulkan beban.

Stres dari kehidupan sehari-hari

Jenis stres dalam kehidupan sehari-hari ini seperti misalnya tersinggung dengan candaan teman ketika Anda sedang PMS atau stress karena kehilangan barang yang penting.

Stres-stres jangka pendek ini masih sederhana tapi berusalah untuk menghindarinya. Hal ini agar suasana hati dapat menjadi lebih baik dan tidak terus-menerus menimbulkan rasa gelisah.

Stres saat masa kecil

(tandaseru.id/Dimas)

Stres masa kecil terjadi di masa kanak-kanak menunjuk pada kejadian masa kecil traumatis. Bisa terjadi selama anak dalam masa pertumbuhan maupun pubertas.

Stres ini bisa memberi pengaruh pada kehidupan seseorang dalam jangka panjang bahkan dalam membentuk karakter diri itu sendiri.

Beberapa jenis stres diatas dapat menurunkan kesuburan dan potensi hamil, terutama bila tubuh memiliki hormon alfa-amilase.

Jadi, jika tak ingin kesuburan terancam, usahakan untuk melepaskan dan mengelola stres dengan baik.

Hindari 5 jenis stress yang membuat sulit hamil dan pastikan diri Anda untuk selalu tenang dan bahagia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait