Jokowi: Ambil Manfaat dari Perang Dagang

Tandaseru – Presiden Joko Widodo meminta para pelaku usaha memanfaatkan momentum perang dagang yang kini hadir. Jokowi meminta perang dagang yang berkecamuk justru tak membuat pengusaha Indonesia khawatir.
“Gunakan perang ini sebagai peluang untuk masuk ke pasar-pasar yang ditinggalkan oleh yang baru berperang,” kata Jokowi saat membuka Trade Expo Indonesia (TEI) ke-33 Tahun 2018, di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Rabu (24/10).
Menurut Jokowi, saat ini adalah kesempatan yang harus benar-benar bisa dimanfaatkan. Jokowi menekankan, ekspor Indonesia harus terus ditingkatkan guna mengatasi neraca perdagangan yang terus mengalami defisit.
Pada 2017, terjadi defisit transaksi berjalan sebesar 17,3 miliar dolar AS. Menurut Jokowi, defisit ini terjadi karena impor yang jumlahnya lebih besar dari ekspor.
Jokowi mendorong para pelaku usaha di Indonesia bisa melirik pasar-pasar yang selama ini belum banyak disentuh eksportir, seperti Asia Selatan dan Afrika.
“Saya menghargai usaha keras untuk masuk ke pasar ekspor, terutama negara non tradisional,” kata Jokowi. Jokowi juga meminta pelaku usaha terus memperbaiki dan memperbarui kemasan produknya sehingga bisa menarik di pasaran.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait