Jokowi dan Menlu AS Pompeo Bahas Isu Bilateral dan Internasional

Tandaseru – Presiden Joko Widodo bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Richard Pompeo di Istana Merdeka, Minggu (5/8/2018), membahas sejumlah isu bilateral dan internasional.

Dalam pertemuan itu, Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Budi Bowoleksono, dan beberapa pejabat lainnya.

“Saya menggunakan kesempatan hari ini untuk membahas lebih lanjut isu bilateral maupun internasional,” kata Jokowi, yang juga mendapat laporan kunjungan Mendag dan delegasi bisnis ke AS beberapa waktu lalu.

Menlu Pompeo memuji Indonesia sebagai salah satu mitra strategis AS. “Indonesia adalah mitra strategis AS dan kami menghargai tumbuhnya demokrasi di negara ini,” ujarnya.

Presiden menyampaikan kepada Pompeo bahwa Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara, sekaligus negara muslim terbesar di dunia.

“Demokrasi berkembang pesat di Indonesia. Seperti tantangan semua bangsa, bagaimana memelihara keberagaman satu sama lain dan saling menghormati,” ungkap Kepala Negara.

Kunjungan Pompeo ke Indonesia pada 4-5 Agustus merupakan yang pertama sejak dia dilantik menjadi Menlu pada 27 April 2018. Sebelum ke Jakarta, mantan Direktur CIA ini mengunjungi Malaysia dan Singapura.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -