Jokowi Serahkan 13.900 Ha Lahan Perhutanan Sosial ke Warga Cianjur

Tandaseru –  Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengelolaan Perhutanan Sosial seluas 13.900 hektare untuk 8.900 Kepala Keluarga (KK), di Wana Wisata Pokland Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Ini untuk 35 tahun. Tapi status hukumnya jelas. Bapak-Ibu pegang ini bisa mengelola 35 tahun,” tegas  Jokowi.Jumat (8/2).

Setelah diberikan SK Pengelolalan, Jokowi mempersilakan kepada warga untuk produksinya. Mau dipakai untuk menanam kopi, cengkeh, buah-buahan, pala, durian silakan. Ia meyakini dengan hak pengelolaan 35 tahun sudah lebih dari cukup lahan tersebut untuk produksi.

Menurut dia, pemberian SK Pengelolaan Perhutanan Sosial sudah dilakukan pemerintah dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. “Itu sudah 2,53 juta hektare selama 2 tahun. Selama 2 tahun sudah 2,5 juta hektare,” ujar Presiden seraya menambahkan, target pemerintah memang tidak kecil.

Pemerintah, lanjutnya menargetkan akan memberikan SK Pengelolaan Perhutanan Sosial hingga seluas 12,7 juta hektare. Selain itu, tanah tersebut tidak akan diberikan kepada yang gede-gede seperti masa lalu, ketika ada yang diberi sampai 200 ribu hektare, ada yang 300 ribu hektare. Sementara rakyat mau mengelola 1 hektare saja sulit.

Dia mengingatkan kepada pemegang hak kelola hutan yang luasnya gede-gede, kalau tidak produktif, tidak dipakai, akan diambil lagi dan akan diberikan nanti kepada rakyat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait