Kabaharkam Pimpin Serah Terima Heli Bell 429 dari MID Technology Ltd

banner polisi mobile

Tandaseru – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Condro Kirono pimpin Upacara Serah Terima Helikopter Bell 429 dari MID Technology Pte Ltd kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Acara penyerahan tersebut berlangsung di Hanggar 3 Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri, Pondok Cabe Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Rabu, (11/9).

Helikopter Bell 429 (istimewa)

Kabaharkam Polri menjelaskan, Helikopter dengan nomor registrasi P-3203 itu merupakan hasil pengadaan melalui kontrak jual beli dengan perlengkapan pendukung program Kredit Ekspor (KE) Tahun Anggaran 2007 Nomor KJB/03/KR08/V/2017 Tanggal 3 Mei 2017 antara Polri dan MID Technology Pte Ltd dengan agensi PT Kasa Cipta Persada.

Helikopter buatan Bell Helicopter Textron Canada Ltd pada April 2019 itu dirancnag mampu mengangkut 6 orang penumpang atau 2 tandu dan 1 seat untuk tenaga medis, dengan kemampuan terbang maksimal 3,5 jam, kemampuan jelajah hingga 411 nm/761 km, serta mampu terbang dengan ketinggian maksimal 20.000 ft/6.096 meter dan kecepatan maksimal 150 kts (278 km/h).

Foto: Istimewa

Selain itu, helikopter tersebut juga dilengkapi peralatan pendukung berupa public address, hoist, dan cargo hook, yang diprediksi dapat mendukung operasional Polri dalam rangka patroli udara, transportasi udara, ambulance udara, SAR, hingga kegiatan pengejaran pelaku tindak pidana dengan mobilitas tinggi.

Condro Kirono mengatakan, tuntutan dan tantangan tugas operasional ke delan yang semakin dinamis untuk menjaga dan memelihara Kamtibmas ke seluruh wilayah NKRI, membuat Polri membutuhkan Alut yang modern dan memadai. Sejauh ini, Poludara baru bisa meng-cover 40 persen kebutuhan helikopter di Polda kewilayahan.

“Hari ini adalah moment yang sangat bersejarah, Polri melalui menunjuk pemenang tender MID Technology dengan agensi PT Kasa Cipta Persada memgalokasikan anggarannya untuk membeli unit helikopter produksi Bell Helycopter Textron Canada Ltd untuk mendukung tugas operasional yang semakin kompleks,” kata Komjen Pol Condro Kirono.

Peran helikopter baru itu akan sangat terasa saat ini mengingat hampir seluruh alat utama (Alut) Baharkam Polri digeser ke Polda Papua dan Papua Barat, yakni 2 pesawat, 3 helikopter, dan 3 kapal Polair, dan hanya 1 helikopter Dauphin yang standby di Mako Poludara Pondok Cabe.

“Hari ini, Rabu, tanggal 11 September 2019 jam 09.00 WIB, di Mako Poludara Pondok Cabr Tangerang Selatan, saya menerima secara resmi Helikopter Bell 429 dengan nomor register P-3203 dari MID Technology Pte Ltd untuk mendukung tugas operasional Polri,” kata Komjen Pol Condro Kirono menerima helikopter baru itu secara resmi.

Rencananya, Kamis besok Kabaharkam Polri akan langsung melakukan test fligh Helikopter 429 ke Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait