KAI FA-50 Armada Tempur Baru AU Argentina?

Tandaseru – Jane’s Defence Weekly dalam laporannya 21 Juli lalu menulis, Angkatan Udara Argentina (Fuerza Aérea Argentina – FAA) telah memilih Korean Aerospace Industries (KAI) FA-50 Fighting Eagle untuk menjadi pesawat tempur sementara yang baru. Pesawat tempur serang supersonik berkapasitas dua tempat duduk ini telah dipilih setelah evaluasi yang dilaporkan Jane pertama kali pada September 2016.

Delegasi Argentina pertama kali mengunjungi Fighter Wing Angkatan Udara Republik Korea (RoKAF) di Yecheon pada 7 September 2016, ketika seorang pilot FAA menguji varian pelatih operasional TA-50 Golden Eagle FA-50. Saat ini, FAA memiliki kebutuhan mendesak untuk mendapatkan jenis pesawat tempur baru menggantikan a Dassault Mirage III dan Mirage 5 yang pensiun pada akhir 2015, serta Douglas A-4R Fightinghawk yang terbukti semakin sulit dan mahal untuk dirawat karena usia.

Jenis pesawat lain yang menurut FAA dipertimbangkan adalah Israel Aerospace Industries (IAI) Kfir, Dassault Mirage F1, Alenia M-346FT, Aero L-159 ALCA, CAC FC-1 / PAC JF-17 Thunder, Saab Gripen, Eurofighter Typhoons model awal, dan ‘Fencer’ Sukhoi Su-24 (meskipun ini secara luas diyakini sebagai tipuan).

 

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait