Kanada Usir Diplomat Venezuela

TORONTO (!) – Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland menyatakan akan mengusir diplomat Venezuela usai negara itu mengusir utusannya yang mengritik catatan hak asasi manusia.

Sebelumnya, Kanda sempat mengkritik Presiden Venezuela Nicolas Maduro, dan menuduhnya melanggar demokrasi dan hak asasi manusia.

Venezuela pun berang, mereka mengusir utusan Kanada dengan alasan pemerintah Kanada telah berusaha mendorong kudeta sayap kanan.

Tak hanya itu, Venezuela juga menarik duta besarnya dari Kanada sebagai bentuk protes atas sanksi terhadap pemerintah Maduro dari Kanada.

Dalam sebuah pernyataan baru-baru ini, Freeland mengatakan duta besar Venezuela sudah tidak ada lagi diterima di Kanada dan kuasa usaha Venezuela dilakukan oleh persona non-grata.

Pengusiran yang dilakukan Venezuela, lanjut Freeland, merupakan langkah khas rezim Maduro, yang telah merongrong semua upaya untuk memulihkan demokrasi dan membantu rakyat Venezuela.

“Warga Kanada tidak akan berdiam saat pemerintah Venezuela merampok rakyatnya dari demokrasi dan hak asasi manusia fundamental mereka,” kata Freeland dalam pernyataannya, kemarin (25/12).

Ya, pada September lalu Kanada mengikuti langkah Amerika Serikat yang memberi sanksi kepada 40 orang pejabat senior Venezuela, termasuk Maduro dan mencap mereka dengan anti demokrasi.

Selain Maduro, menteri pertahanan dan dalam negeri serta beberapa hakim agung juga tak luput jadi sasaran langkah Kanada itu.

Kumpulan Berita Terkait