Kanwil Kemenag dan BNNP Jatim Wajibkan Calon Pengantin Tes Urine

Tandaseru – Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur melakukan kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jatim untuk mengeluarkan aturan baru, Jumat (12/7).

Aturan baru itu berupa wajib test urine bagi calon pasangan nikah yang akan mencatatkan pernikahannya diseluruh kantor urusan agama di Jawa Timur. Aturan baru ini menurut rencana akan diberlakukan mulai awal Agustus 2019.

Plt Kakanwil Kemenag Jatim, Moch Amin Mahfud  menjelaskan, terhitung sejak  awal Agustus 2019, bagi calon pasangan nikah di jawa timur yang akan mencatatkan pernikahannya di kantor urusan agama atau kantor Kementrian Agama wajib mengikuti test urine.

Aturan ini dikeluarkan kantor wilayah Kementrian Agama Jawa Timur dan wajib dilakukan calon pasangan nikah sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan buku nikah resmi yang diterbitkan kementrian agama Republik Indonesia.

Sebagai langkah awal untuk melaksanakan aturan wajib test urine bagi calon pasangan yang akan menikah ini, Kanwil Kemenag Jatim melakukan penandatanganan kerjasama dengan BNNP Jatim dihadapan seluruh kepala kantor kemenag Jawa Timur di kantor kemenag Jatim di Juanda Sidoarjo, Jawa Timur.

Nantinya, jika diketahui ada calon pasangan nikah yang diketahui positif menggunakan narkoba, maka akan dilakukan upaya pengobatan atau rehabilitasi gratis setelah proses pernikahan/ yang akan ditangani oleh BNNP Jatim.

Pemberlakuan aturan wajib test urine bagi calon pasangan nikah yang akan mencatatkan pernikahannya ini sengaja dilakukan, sebagai salah satu upaya untuk menekan penggunaan narkoba di kalangan muda, khususnya bagi warga yang akan menikah atau berkeluarga, sehingga peredaran narkoba bisa ditekan lebih awal.

Kepala BNP Jatim Brigjen Bambang Priyambada menyambut gembira aturan baru Kanwil Kemenag Jawa Timur tersebut, karena  cara ini akan menjadi akan meminimalisasi penyalahgunaan narkoba.

“Generasi muda ini kita siapkan dari awal mulai pernikahan, supaya pernikahan yang terjalin sejak awal bisa sehat tanpa narkoba,”  tegasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait