Kapal Rumah Sakit Terapung di Perairan Sumenep, Menhub: Jatim Pilot Project

Tandaseru – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan pengoperasian Kapal Rumah Sakit (RS) Terapung untuk melayani masyarakat di kepulauan terpencil yang ada di Peraian Sumenep dan sekitarnya.

“Jadi, masyarakat di pulau-pulau terpencil itu merasakan kesejahteraan yang sama baiknya, pun begitu dengan layanan kesehatan,” jelas Menhub saat melepas pengoperasian kapal RS Terapung KM Gandha Nusantara 1 dan 2 di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Madura, Kamis (15/8).

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan MoU dan perjanjian kerja sama antara Kemenhub, Kemenkes dan Pemerintah Jawa Timur.

“Angkutan ini memang tidak bisa 24 jam, mereka biasanya jalan pagi dan sore hari bisa difungsikan. Jadi pagi-pagi mereka berjalan dua, tiga sampai empat jam. Siang hari dikala ombak tinggi, mereka berlabuh di pulau-pulau kecil itu.Selama perjalanan itu, kita ada 30 penumpang, paling tidak ada suatu interaksi antara dokter dan masyarakat. Terjadilah penyuluhan dan sebagai kapal rumah sakit kita mendapatkan bantuan dari para pihak, juga dilengkapi dengan kamar operasi,” ungkapnya.

Dia mengatakan kapal-kapal rede di Jawa Timur ini akan menjadi pilot project bagi daerah-daerah lainnya dimana difungsikan kapal rumah sakit yang juga punya fungsi transportasi dan Jawa Timur dipilih sebagai pilot project pengoperasian kapal RS Terapung,

“Setelah Jawa Timur kita akan ke Jawa Tengah. Kita pelajari kan nanti pasti ada plus minusnya, kalau ada kekurangan baru kita lengkapi apakah fasilitas, waktu, nahkoda, dokter dan sebagainya. Setelah ini kita ke Jawa Tengah dulu ya, baru nanti kita lihat berapa pulau yang lain,” tutur Menhub.

Menteri Kesehatan Nilla F. Moeloek mengatakan kerja sama ini adalah kerjasama yang efektif dan efisien.“Ini uji coba yang sangat luar biasa. Menurut saya ini baik mudah-mudahan akan lebih bagus lagi,” ujar Menkes.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap dengan adanya RS Terapung ini masyarakat yang terlayani kesehatan lebih merata dan berkualitas.

“Harapannya kita bisa memberikan layanan kesehatan lebih baik berkualitas dan merata. Kapal ini bisa merapat untuk memberikan tindakan-tindakan tertentu ketika harus melakukan operasi. Kami akan maksimalkan fungsinya,” tandas Khofifah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id