Kapolri dan Panglima TNI Safari Ramadhan di Lampung

Tandaseru – Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melanjutkan Safari Ramadhan di Lampung, Senin (4/6/2018). Kegiatan kali ini digelar di Markas TNI, yakni Makorem 043/Garuda Hitam Lampung.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dilanjutkan dengan sambutan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Anto Mukti Putranto.

Pangdam menyambut gembira kedatangan Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan, apalagi kunjungan kedua pimpinan tersebut merupakan yang pertama ke Lampung.

Dia mengatakan kondisi di Lampung saat ini aman dan terkendali, apalagi Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana sangat komunikatif sehingga sinergitas dapat terjalin, ditambah dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan Forkopimda.

kapolri dan panglima tni
(istimewa)

“Menjelang pemilihan umum tahun ini kami jamin akan berlangsung aman dan kondisif. Apabila saling mengerti dan memahami, insyallah semuanya akan berjalan dengan baik,” kata Pangdam.

Dalam sambutannya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajak masyarakat bersama keluarga besar TNI dan Polri untuk bersatu dan bahu-membahu mencegah paham radikalisme.

“Mari kita membuka wawasan yang seluas-luasnya dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Kita tidak boleh takut dan lenggah terhadap radikalisme yang tumbuh pesat di sekitar kita,” ujarnya.

Lawan radikalisme

Marsekal Hadi mengatakan, TNI dan Polri perlu bantuan seluruh masyarakat untuk melawan radikalisme yang selalu berujung kepada aksi anarkisme.

“Beberapa waktu lalu, ada beberapa (alumni) mahasiswa yang ditangkap oleh aparat karena diduga terpapar radikalisme. Ini harus kita waspadai bersama,” ujarnya.

safari ramadhan panglima tni dan kapolri
(istimewa)

Apalagi, lanjut Panglima, sebentar lagi Indonsia akan menggelar pesta demokrasi dan Asian Games. Lampung diharapkan dapat menjadi tuan rumah yang baik sehingga acara tersebut dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Acara dilanjutkan dengan tausyiah dan doa menjelang buka puasa oleh Ketua MUI KH Makruf Amin, kemudian buka puasa bersama dan salat magrib berjamaah dipimpin oleh Imam Dr. Abdurhaman dan santap malam.

Santunan anak yatim

Selanjutnya, Panglima TNI dan Kapolri memberikan bingkisan dan santunan kepada 10 orang perwakilan anak yatim dan Warakauri dengan jumlah 410 bingkisan.

pemberian bingkisan
(istimewa)

Kegiatan disambung salat Isya dan tarawih, serta diakhiri dengan foto bersama dan penulisan pesan Panglima dan Kapolri kepada prajurit Korem 043/Garuda Hitam.

Dalam Safari Ramadhan di Lampung, Kapolri didampingi Ketua Umum Bhayangkari Tri Tito Karnavian, serta Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol Deden Juhara, Kadiv Propam Polri Irjen Pol Martuani Sormin, Karo Provost Divpropam Polri Brigjen Pol. Refdi Andri, dan Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol. M. Iqbal.

Adapun Panglima TNI didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Nanik Hadi Tjahjanto serta para pejabat Mabes TNI di antaranya Asintel Panglima TNI Mayjen Benny Indra Pujihastono, Aster Panglima TNI Mayjen Kustanto Widiatmoko, Kapuspen TNI Mayjen M. Sabrar Fadhilah, dan Kapusbintal TNI Laksma Budi Siswanto.

Pejabat daerah yang hadir antara lain Pjs Gubernur Lampng Didik Suprayitno, Ketua DPRD Lampung H.Dedi Aprizal, Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana, para walikota/bupati dan Forkopimda Provinsi Lampung.

Acara itu juga dihadiri oleh para tokoh masyarakat, pimpinan pondok pesantren dan para santri, tokoh pemuda, serta prajurit TNI dan Polri lebih kurang 1.717 orang.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait