Kapolri: Karhutla Disengaja untuk Land Clearing dengan Harga Murah

Tandaseru – Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M Tito Karnavian dan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjanjanto meninjau langsung dan berdiskusi dengan anggota TNI-Polri yang bertugas melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pelalawan Riau.

“Apa kendala yang saat ini dihadapi?” tanya Panglima. ”Permasalahan saat ini adalah sulitnya mencari sumber air untuk melakukan pemadaman, sehingga cara yang efektif adalah dengan water boombing,” imbuh panglima TNI.

Kapolri juga menyampaikan hasil pengamatan dari udara ”Yang sudah menjadi perkebunan baik sawit maupun hutan tanaman industri, sementara yang terbakar rata-rata hutan atau semak,” ungkap Kapolri.

Artinya lanjut dia ini sengaja dibakar bukan natural, sengaja dibuat oleh pelaku untuk land clearing dengan harga murah. Langkah yang perlu dilakukan adalah soft dan keras.

“Saya minta jajaran Polda berlakukan reward and punishment, supaya serius mendeteksi siapa saja yang melakukan pembakaran itu, kalau saya berkeyakinan kelompok orangnya itu – itu saja, masak kita gak bisa deteksi?” tuturnya.

Menurut Kapolri sama saja dengan cari maling, cari teroris kita bisa masak kita cari pembakar tidak bisa? Ini bukan daerah yang padat penduduk seperti di Jawa, penduduknya relatif jarang artinya komunitas itu saling kenal satu sama lain.

Dia mengatakan harusnya bisa dideteksi lakukan pendekatan kepada mereka atau petugas pro aktif melakukan penangkapan. “Kalau ada pembakaran tetapi tidak bisa tangkap bagi saya itu kegagalan operasi penegakan hukum dan pasti akan saya berikan sanksi”, tegas Kapolri.

Panglima TNI dan Kapolri memberikan dukungan semangat motivasi kepada anggota yang bertugas di lapangan. Kapolri dan Panglima TNI menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga atas kerja keras seluruh anggota TNI – Polri yang sampai saat ini masih melakukan pemadaman.

Diharapkan dalam waktu dekat ini segera turun hujan agar permasalahan kebakaran ini segera selesai.

 

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait