Kapolri Minta Penanganan Kerusuhan di Papua Barat Tidak Gunakan Kekuatan Berlebihan

Tandaseru – Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian meminta jajarannya untuk berkoordinasi dengan pihak TNI untuk menangani kasus kerusuhan di Manokwari, Papua Barat. Dia meminta agar penanganan kasus itu dengan tidak mengerahkan kekuatan berlebihan.

“Saya minta kapolda Papua Barat untuk melakukan langkah-langkah penanganan dengan tidak mengerahkan kekuatan yang berlebihan,” kata Jenderal Tito di RS Bhayangkara Polda Jawa Timur, Senin (19/8).

Hingga Senin siang, mantan Kapolda Metro Jaya mengaku sudah menerima laporan dari Herry tentang kondisi kerusuhan terkini. Dia mengungkapkan suasana di wilayah tersebut sudah berangsur kondusif.

Lebih lanjut, Jenderal Tito mengatakan masih terus memantau perkembangan situasi di wilayah tersebut. Jika dibutuhkan, pengamanan dibantu dari Maluku dan Sulawesi.

Sebelumnya dikabarkan aksi demo di Papua sebagai bentuk protes atas insiden pengepungan dan intimidasi terhadap sejumlah mahasiswa di Malang dan Surabaya baru-baru ini.

Sejumlah warga di Manokwari pada Senin pagi waktu setempat turun ke jalan. Sebagian bahkan sampai membakar ban di tengah jalan. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Manokwari dilaporkan lumpuh.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait