Kapolri Pantau Arus Balik di Cikopo

Tandaseru – Kapolri Jenderal Pol H. M. Tito Karnavian beserta pejabat Mabes Polri mengunjungi Pos Pelayanan Terpadu Cikopo, Jawa Barat, pada Senin (18/6/2018) guna memantau langsung arus balik Lebaran 2018.

Di Pos Terpadu Cikopo KM 72, Kapolri menerima paparan dari tiga Kapolda, yakni Kapolda Jawa Barat, Kapolda Jawa Tengah, dan Kapolda Metro Jaya. Ketiganya melaporkan kondisi terkini dan antisipasi sesuai kerawanan daerah masing-masing.

Paparan dan arahan dilakukan melalui video conference kepada semua jajaran Polda Jateng, Jabar dan Metro Jaya.

Dalam arahannya, Kapolri menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi empat jempol kepada Polri dan stakeholder terkait yang berwenang dalam pengamanan serta pengaturan arus mudik.

Apresiasi tersebut terkait adanya diskresi satu arah (one way) di beberapa tempat untuk mengurai kemacetan yang bersifat dinamis sesuai dengan kondisi kepadatan kendaraan.

kapolri
(istimewa)

Selama arus mudik Lebaran tahun ini, ungkap Kapolri, jumlah kecelakaan lalu lintas turun 30 persen dibandingkan dengan tahun lalu, dan korban meninggal dunia akibat kecelakaan turun 56 persen. Tindak kejahatan seperti pencurian juga dilaporkan turun 13 persen.

Secara umum, kata Jenderal Tito, arus balik sudah mulai berlangsung tetapi kondisi lalu lintas masih relatif normal meskipun terjadi kepadatan di beberapa lokasi.

Puncak arus balik

Mulai Senin malam hingga Rabu (20/6/2018) diprediksi merupakan puncak arus mudik gelombang pertama, sementara gelombang kedua akan terjadi pada Sabtu dan Minggu (23-24 Juni).

Untuk mengatasi kepadatan, kepolisian menerapkan one way, contra flow, dan pemberlakuan gratis di beberapa pintu tol yang jalan nasionalnya mengalami kepadatan panjang.

Kapolri menegaskan agar memanfaatkan patroli sepeda motor untuk mengurai kemacetan di beberapa ruas dalam tol akibat banyaknya pengendara yang memanfaatkan rest area ataupun apabil terjadi kecelakaan.

Dalam peninjauan kali ini, Kapolri didampingi oleh beberapa pejabat utama Mabes Polri antara lain Asops Kapolri Irjen Pol. Deden Juhara, Karo Provost Divpropam Polri Brigjen Pol. Refdi Andri, dan Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol. M. Iqbal, serta Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Idham Azis.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -