Kapolri Pastikan Puncak Arus Mudik Sudah Lewat, Lalu Lintas Lancar

Tandaseru – Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian memantau arus mudik pada H-1 lebaran 2018 melalui udara pada Kamis (13/6/2018) atau H-1 Lebaran. Dia memastikan puncak arus mudik sudah lewat dan lalu lintas kembali lancar.

“Secara umum arus mudik sampai sekarang sudah lancar dan jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Jenderal Tito setelah memantau arus mudik menggunakan helikopter di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2018).

Dalam pantauan udara itu, Kapolri melihat kondisi Tol Jagorawi arah ke Puncak. Saat ini, menurut dia, arus mudik di daerah tersebut sudah relatif lancar.

“Kita duga karena masyarakat yang berlibur sudah tiba di tujuannya sehingga tidak ada kemacetan. Hanya ada satu (kemacetan) di pasar persimpangan Gadog ke atas. Itu pun tidak panjang,” ujarnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menyebutkan, ada beberapa titik kemacetan yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek pada Selasa (12/6/2018) dan Rabu (13/6/2018) lalu yang mengakibatkan kendararaan mengular di KM 10 sampai dengan KM 47.

“Itu karena ada penyempitan di sisi kiri jalan dibangun LRT dan di kanan ada proyek jalan layang atau elevated. Itu penyempitan yang kemarin sempat bikin kemacetan. Kemudian Gerbang Tol Cikarang Utama, tadi tampak sepi hanya beberapa kendaraan 10 sampai 20 meter yang antre,” jelasnya.

Kapolri kemudian memantau arus mudik di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang sempat terjadi antrean panjang kendaraan, uga sudah terurai pada Kamis (14/6/2018).

“Cipali yang kemarin macet panjang, juga sudah lancar. Informasi sudah saya cek ke Kapolda Jawa Tengah dan Kapolda Jawa Barat, di sana arah selatan aman, lancar. Nagrek juga,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Jenderal Tito, pintu keluar Tol Brebes atau yang biasa dikenal dengan Brexit (Brebes Exit) juga terpantau lancar.

Dengan demikian, semua titik-titik kemacetan tersebut pada H-1 Lebaran ini sudah mulai sepi dari kendaraan. “Artinya saya yakinkan hari ini puncak arus mudik sudah lewat tadi pagi,” jelasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -