Kapolri Pimpin Rapat Koordinasi Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019

Tandaseru – Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian memimpin rapat koordinasi (Rakor) pengamanan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) secara serentak pada 2019 mendatang.

“TNI Polri melaksanakan rakor dalam rangka menyamakan persepsi untuk mensukseskan pengamanan pemilu tahun 2019,” kata Jenderal Tito di Auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jalan Tirtayasa, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Jenderal Tito menuturkan saat ini tahapan Pemilu 2019 sudah memasuki tahapan pendaftaran baik Pilpres maupun Pileg. Untuk Pilpres, tahapan akan memasuki penetapan pasangan calon dan masa kampanye.

Oleh karena itu, kata Tito, sebagai dua komponen penting bangsa ini, TNI Polri merapatkan barisan karena tidak mempunyai hak pilih. “Kita berharap bisa maksimal untuk melakukan pengamanan sehingga pesta demokrasi menjadi pesta bagi kita, pesta bagi rakyat memilih wakil-wakilnya,” ucapnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menerangkan Polri dan TNI mempunyai komitmen yang sama yakni terkait netralitas anggota, rencana operasi bersama dan simulasi pengamanan. Baginya, pesta demokrasi harus berjalan aman, tertib dan damai serta tidak mengorbankan perpecahan sesama warga negara.

“Karena Polri TNI memiliki komitmen yang sama. Bicara NKRI, persatuan bangsa bagi Polri dan TNI itu harga mati. Oleh karena itulah kita sekali lagi membuat rapat ini untuk menyamakan visi dan persepsi,” ucapnya.

Untuk mengamankan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg, Jenderal Tito mengajak tokoh masyarakat dan ormas ikut peduli mengamankan dan mencegah konflik horizontal antar masyarakat. “Kita dorong untuk mengeluarkan statement deklarasi pemilu damai. Itu kita lakukan terus menerus seluruh wilayah,” jelasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -