Kapolri Tinjau Langsung Persiapan Pembangunan Polda Kalimantan Utara

JAKARTA (!) – Markas Kepolisian Derah (Mapolda) Kalimantan Utara segera dibangun. Polda Kalimantan Utara ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kamtibmas sehingga Kaltara ini aman.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Polisi Muhammad Iqbal mengatakan  luas tanah Mapolda Kaltara yang akan dibangun direncanakan 22 hektare dengan luas bangunan Polda 10 hektare.”Dana anggaran 2018 sebesar Rp267,602 miliar,” katanya, Jumat (15/12).

Untuk itu, Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian bertolak ke Kalimantan Utara untuk meninjau kesiapan pembangunan Polda Kalimantan Utara.”Dalam rangka pengecekan kesiapan pembangunan Polda Kaltara,” katanya.

Menurut dia, tanggung jawab yang akan dipikul oleh Polda ini adalah menjaga perbatasan Kaltara dari potensi penyelundupan orang, narkoba dan teror.”Polda Kaltara dibutuhkan secepatnya untuk menjaga kamtibmas sehingga Kaltara ini aman,” katanya.

Iqbal mengatakan Pemda Kaltara telah menyampaikan dukungannya kepada Kapolri Tito soal realisasi pembangunan Polda Kaltara dengan meminjamkan bangunan bekas kantor DPRD Provinsi Kaltara sebagai bangunan sementara sembari menunggu bangunan Mapolda Kaltara selesai dibangun.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolri juga ingin memastikan lahan yang akan dibangun untuk rumah dinas bagi anggota Polda Kaltara bebas dari sengketa.”Lahan yang akan dihibahkan harus clear, tidak bermasalah,” katanya.

Polda Kaltara nantinya akan menjadi polda bertipe B yang dipimpin oleh kepala polda dengan pangkat Brigjen atau bintang satu. Sementara jumlah personel Polda Kaltara direncanakan diisi 830 orang polisi dan PNS Polri.(Ant)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait