Praktik Setiap Hari, ini 5 Kebiasaan Baik Cegah Sakit Ginjal!

Tandaseru – Tidak ada yang ingin menderita penyakit serius seperti jantung atau ginjal. Ternyata ada kebiasaan cegah sakit ginjal yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari loh!

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Punya fungsi yang fatal, yaitu untuk menyaring serta menjaga keseimbangan cairan dan darah dalam tubuh.

Itu sebabnya, kesehatan ginjal harus dijaga dengan baik. Tapi, kebiasaan apa saja yang mampu dilakukan agar kesehatan ginjal tetap terjaga ya?

Menyantap makanan kaya vitamin jadi kebiasaan cegah sakit ginjal!

Untuk kebiasaan satu ini, sebenarnya tidak hanya bisa menjaga kesehatan ginjal, tapi untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebaiknya, pilih makanan yang sehat agar ginjal dapat berfungsi dengan maksimal. Santapan seperti sayuran dan buah-buahan kaya vitamin sekaligus mineral seperti apel, stroberi, kembang kol, bayam, dan semangka juga sangat baik.

Minum air putih yang cukup

Sebenarnya, dalam sehari seseorang harus minum air putih 6 sampai 8 gelas. Hal tersebut dilakukan guna membantu menjaga serta merawat kesehatan ginjal.

Dengan kebutuhan cairan tubuh yang tercukupi, maka Anda bisa terhindar dari infeksi saluran kencing, yang biasa terjadi akibat bakteri.

Aktiflah bergerak

Tidak hanya mulai dengan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat, Anda juga harus aktif bergerak agar ginjal Anda jadi lebih sehat.

Lakukanlah olahraga secara teratur minimal 20 menit sehari, hal itu guna menjaga ginjal supaya bisa bekerja secara maksimal dan juga terhindar dari beragam risiko penyakit ginjal berbahaya.

Menjaga berat badan juga kebiasaan cegah sakit ginjal

Bukan berarti menjaga berat badan itu harus kurus, tapi lebih mengelola asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti, memastikan sudah sarapan, dan menjaga berat badan ideal.

Hal itu mampu membantu organ tubuh bisa bekerja lebih maksimal, termasuk dalam menjaga kesehatan ginjal Anda.

Kurangi duduk terlalu lama

Sekalipun Anda kerja di kantor dan mengharuskan Anda banyak duduk, tapi akan lebih baik setiap 1 jam sekali berdiri dan berjalan-jalan sejenak.

Orang yang terlalu banyak duduk memiliki risiko sakit ginjal lebih tinggi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk orang yang lebih banyak duduk saat bekerja untuk sering melakukan peregangan.

Itulah beberapa kebiasaan cegah sakit ginjal yang bisa Anda lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Jangan sampai sakit ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait