Merokok Bisa Rusak Mata? Dianggap Sepele Tapi Membahayakan Loh

Tandaseru – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling sensitif, dan ternyata ada kebiasaan sepele yang merusak mata loh, mau tahu banget?

Mata seperti yang telah diketahui sebagai panca indra yang terpenting, dengan mata manusia dapat melihat. Mata penting, karena mempunyai beragam komponen yang berfungsi bersama agar penglihatan seseorang jadi jernih.

Misalnya saja, saraf optik dari mata akan menerima sinyal cahaya dari luar, kemudian mengirimkan pada bagian otak sebagai impuls listrik yang ditafsirkan sehingga menghasilkan penglihatan.

Dengan begitu, kesehatan mata jadi sangat penting. Untuk menghindari mata dari kerusakan, Anda perlu tahu ada beberapa kebiasaan yang dilakukan secara berkala akan memengaruhi kesehatan mata.

Merokok jadi kebiasaan sepele yang merusak mata!

Mungkin kebiasaan ini kerap disepelekan alias dianggap ringan dan tak memengaruhi apapun. Padahal, merokok selain menyebabkan penyakit dalam jangka panjang seperti kanker dan lainnya, merokok juga bisa merusak mata.

Pasalnya, seorang perokok dapat lebih berisiko katarak, yaitu pengaburan pada lensa mata yang menjadikan sulit melihat.

Terpapar sinar matahari dan gadget!

Bukan hanya merokok, terkena sinar matahari tanpa kacamata hitam ternyata mampu menyebabkan fotokeratitis, yang dikenal sengatan matahari pada mata.

Memang kondisi tersebut tidak jadi kerusakan permanen, tetapi memungkinkan untuk mengalami gejala seperti mata merah, robekan berlebih serta kepekaan berlebih pada cahaya.

Bukan hanya terpapar sinar matahari, terpapar sinar pada layar elektronik yang terlalu lama pun mampu sebabkan kerusakan mata.

Dengan menggunakan perangkat elektronik berlebihan maka cahaya biru dari layar akan memengaruhi mata, serta terlalu banyak eksposur yang mengganggu siklus tidur, dan membuat sulit tidur pada malam hari.

Memberi obat tetes mata dan mengucek!

Ternyata, memakai obat tetes mata tanpa adanya petunjuk dokter bisa berbahaya. Apalagi Anda menggunakannya berlebihan dan terlalu sering. Bukan tidak mungkin mata bisa iritasi.

Bukan hanya memberikan obat tetes mata, mengucek mata saat ada benda asing yang masuk dalam mata pun bisa berbahaya.

Dengan mengucek mata terlalu keras, goresan serta distorsi kornea bisa terjadi. Kornea memang sangat sensitif dan mudah tergores jika ada yang masuk dalam mata.

Susah tidur sampai lupa bersihkan makeup juga merusak mata!

Ternyata, orang yang insomnia bisa menyebabkan matanya rusak, karena dengan tetap terjaga di malam hari, maka Anda tengah mencegah mata mendapat sirkulasi cairan yang dibutuhkan, itu sebabnya mata bisa membengkak.

Selain itu, tak membersihkan softlens bisa mengakibatkan kesehatan mata terganggu, bahkan ada yang mengalami kebutaan akibat softlens kotor.

Bukan hanya softlens, maskara, eyeliner, eye shadow dan krim mata yang pada sekitar mata dapat merusak mata, apalagi jika tidak dibersihkan saat tidur.

Dengan memakai makeup mata tersebut, maka kelenjar minyak di kelopak mata bisa terhalang,  dan menyebabkan gatal bahkan infeksi. Jika menggunakan produk kadaluarsa maka iritasi, kekeringan mata serta kondisi mata lainnya seperti konjungtivitis pun dapat dialami.

Jadi kebiasaan sepele yang merusak mata janganlagi diulangi, karena hal tersebut bisa membahayakan mata Anda, nggak mau kan?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -