Kemendagri Cek Mundurnya Bupati Indramayu

Tandaseru – Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) memastikan akan mengecek informasi pengunduran diri Bupati Indramayu, Jawa Barat, Anna Sophanah.
“Saya sedang suruh mengecek Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemdagri, ada apa masalahnya,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (7/11).
Menurutnya, seorang kepala daerah memang berhak untuk berhenti dari jabatannya. “Bisa saja mundur, wakilnya naik. Walau dia ini kan amanah, dipilih rakyat, beda kalau ditunjuk,” ujarnya.
Pengunduran diri kepala daerah sepatutnya mempunyai alasan yang jelas. DPRD setempat, lanjutnya, nantinya menggelar paripurna.
“Karena DPRD punya kewenangan menyetujui pengunduran diri dan pengangkatan kepala daerah. Kalau mundur sendiri harus ada persetujuan DPRD,” ucapnya.
Surat pengunduran diri Anna telah dikirimkan kepada DPRD Indramayu, Selasa (30/10) lalu. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil juga sudah menerima surat tersebut.
Anna disebut-sebut ingin berkonsentrasi untuk keluarga karena orang tuanya sedang sakit. Anna merupakan istri Irianto MS Syaiuddin atau yang kerap dipanggil Yance.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -