Kemenkop UKM Dorong Pelaku Bisnis Kopi Nusantara Lewat Rembug Kopi Nasional 2019

Tandaseru – Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) dan Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan Rembug Kopi Nasional 2019 di Smesco Indonesia.

Rembug Kopi Nasional 2019 merupakan ajang keempat kali yang telah diselenggarakan dengan tujuan untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi Nusantara.

Gelaran tersebut dibuka oleh Menteri Koperasi UKM, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga. Menurutnya, pemerintah akan terus mendukung upaya-upaya pelaku usaha termasuk di sektor UKM perkopian untuk meningkatkan pemasaran produknya.

 

Tak hanya itu, Ia juga menyebut petani kopi Indonesia perlu meningkatkan kualitas hasil panennya, guna meningkatkan jumlah kopi ekspor Indonesia.

“Ini kan era persaingan kan sekarang dunia ini persaingan. Ini seharusnya RI bisa tingkatkan service dan kualitas,” kata Puspayoga dalam acara Rembug Kopi Nasional 2019, Jumat (20/9).

Sebagai informasi, pemerintah sudah melakukan berbagai kebijakan, seperti pengurangan PPh UKM dari 1 persen menjadi hanya 0,5 persen, menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari 22 persen menjadi 7 persen.

Program tersebut dimaksudkan agar para pelaku bisnis kopi bisa berdaya saing dan produktifitas UKM nasional semakin meningkat.

Mengingat Indonesia masih mengimpor kopi untuk kebutuhan konsumsi, oleh sebab itu edukasi petani kopi menurut Puspayoga sangat diperlukan untuk meningkatkan standar kopi di Indonesia.

“Edukasi, misalnya, di luar negeri dibutuhkan standar kopi tertentu. Petani kita belum bisa seperti itu. Makanya saya minta importir dari luar negeri jangan sekedar membeli kopi saja. Tapi studi juga, harus jadi edukasi (ke petani),” kata dia.

Puspayoga berharap agar pelaku usaha termasuk UKM di sektor kopi ini bisa memanfaatkan berbagai kesempatan yang diberikan pemerintah, juga dapat semakin membuka pangsa pasar ekspor produk kopi nasional.

Rembug Kopi Nasional 2019 akan berlangsung selama tiga hari pada 20 – 22 September 2019 di Exhibition Hall SMESCO Indonesia, Jakarta.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait