Kemenristekdikti akan Datangkan 200 Dosen Mancanegara, Ini Komentar DPR

JAKARTA (!) – Kemenristekdikti berencana mendatangkan 200 dosen dari mancanegara demi mendongkrak reputasi pendidikan nasional di bidang riset dan teknologi.  Fokus kebijakan itu adalah mendatangkan dosen untuk sains dan teknologi.

Rencana tersebut mendapat tanggapan dari DPR RI. DPR menyebutkan pemerintah harus memahami betul maksud dan tujuan dari rencana tersebut.

“Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) harus mengkaji ulang rencana untuk mendatangkan 200 dosen asing,” ungkap Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto.

Jika tujuan mendatangkan dosen asing untuk pertukaran ilmu dan pengetahuan maka katanya  hal tersebut sah-sah saja dilakukan pemerintah. “Namun, kalau khusus dosen asing itu didatangkan untuk mengajar di sini,  rasanya saya kurang sepaham,” ujar Agus di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/4/).

Ia mengingatkan, jangan sampai rencana pemerintah mendatangkan dosen asing kemudian mengesampingkan dosen-dosen dalam negeri. Sudah cukup banyak dosen di Indonesia yang memiliki kemampuan mumpuni, bahkan beberapa diantaranya sudah mengabdi sampai ke pelosok negeri. Menurutnya,  hal tersebut perlu mendapat apresiasi dari pemerintah.

“Tak sedikit, universitas negeri terutama yang profesornya sampai turun gunung memasuki desa-desa melaksanakan pengabdian masyarakat,” sebut politisi Partai Demokrat itu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -