Kementerian PUPR Perluas Penggunaan Aspal Karet untuk Jalan Nasional

Tandaseru – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memperluas penggunaan aspal karet dalam penanganan jalan nasional di seluruh Indonesia. Sementara harga karet  dunia mengalami penurunan hingga sekitar Rp 5.000/kg.

Untuk meningkatkan harga karet petani, Pemerintah memperluas penggunaan karet petani di antaranya menjadi bahan campuran aspal atau aspal karet. Indonesia, Thailand dan Malaysia sebagai negara penghasil karet terbesar dunia juga telah menyepakati untuk memperbesar penggunaan karet di dalam negeri untuk mencegah penurunan harga yang lebih dalam.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan akan mempeluas penggunaan aspal karet dalam penanganan jalan nasional. Pada tahun 2019 ditargetkan 93,66 Km jalan nasional akan menggunakan aspal karet sebanyak 2.542 ton, dengan asumsi penggunaan karet 7% terhadap aspal maka jumlah karet yang terserap sebanyak 177,95 ton.

Keunggulan penggunaan karet alam pada campuran beraspal panas untuk perkerasan jalan diantaranya meningkatkan campuran aspal, ketahanan retak, dan ketahanan terhadap deformasi alur.

“Aspal karet memiliki tingkat perkerasan lebih baik, tidak mudah meninggalkan jejak roda pada saat aspal basah, dan daya tahan lebih tinggi dibanding aspal biasa,” kata Basuki.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait