Sukses di Event Internasional, Kemenpar Promosi 10 Destinasi MICE di Sumut
Tandaseru – Sudah tahu belum, Kementerian Pariwisata promosi 10 Destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) di Sumatera Utara. Apa saja sih destinasi yang dipromosikan?
Industri MICE mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Hal tersebut dapat terjadi karena Indonesia berhasil menjadi tempat dan tuan rumah pelaksanaan berbagai event internasional.
Kini kegiatan MICE di Tanah Air sudah terkonsentrasi di 10 kota, yang terdiri dari Jakarta, Bali, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Medan, Manado, Semarang, dan Batam.
Kemenpar mengadakan promosi 10 destinasi tersebut di Sumatera Utara, tepatnya di Grand Mercure Medan dan Taman Simalem Resort, Danau Toba, pada 19-22 September 2018.
Masruroh, Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I, menuturkan event tersebut menjadi pertemuan yang menyatukan sellers di bidang pariwisata dan buyers dari perusahaan multinasional.
Promosi yang dilakukan oleh Kemenpar ini menjadi ajang business travel mart yang berfokus pada industri MICE di Indonesia.
“Tidak hanya melaksanakan table top, Kemenpar juga mengundang para buyers melakukan post tour dan bermalam di Simalem Resort, Danau Toba, dengan harapan agar lebih mengenal Sumatera Utara sebagai destinasi wisata,” tambah Masruroh, Kamis (20/9/2018).
Manfaat bagi buyers
Santo Kadarusman, New Business Development PT Singa Mas Indonesia–anak perusahaan Charoen Pokphand selaku buyers pada kegiatan itu, mengatakan MICE seperti ini sangat bermanfaat. Selain bisa jumpa dengan sellers, pihaknya juga bisa bertukar info dengan sesame buyers.
Kota Medan sendiri sudah sejak 2011 ditetapkan sebagai kota metropolitan baru, sekaligus salah satu dari 10 kota utama tujuan wisata MICE di Indonesia.
Bukan itu saja, Medan menjadi hub bagi kota-kota penting lainnya di Sumut, seperti Kota Binjai, Kabupaten Karo dam Kabupaten Deli Serdang.
Wisatawan MICE berkontribusi jadi Leisure Traveler pada saat yang bersamaan. Mereka yang umumnya opinion leader, bisa memanfaatkan kekuatan word-of-mouth mengenai destinasi yang akan memberi dampak lebih kuat dalam promosi.
Perlu diketahui juga, pemberdayaan industri MICE ini berkat dukungan kebijakan pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata.
Melalui Kementerian Pariwisata Promosi 10 Destinasi MICE, diharapkan pengembangan pariwisata di Indonesia memenuhi kriteria sebagai destinasi MICE bertaraf internasional.
Comments are closed.