Kenangan Anies Saat Dipanggil Habibie karena Reklamasi

Tandaseru – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyimpan kenangan tersendiri terhadap sosok BJ Habibie. Anies mengaku memiliki kedekatan dengan almarhum Presiden ketiga RI tersebut ketika tengah menghadapi polemik reklamasi teluk Jakarta.

Habibie, kata Anies, pernah memanggilnya ketika polemik reklamasi teluk Jakarta itu memanas. Anies mengenang saat itu Habibie memanggilnya dengan kata Nak, dan mengingatkan bahwa seorang Habibie adalah ayah.

“Waktu reklamasi lagi ramai itu, saya dipanggil oleh Pak Habibie. ‘Anies yang dihadapi itu besar loh, Nies. Kamu hati-hati, ini raksasa loh’,” kata Anies menirukan ucapan Habibie, Kamis (12/9).

Anies mengenang bahwa pemanggilan itu merupakan salah satu permintaan Habibie. Almarhum mengingatkan Anies soal penolakan terhadap proyek reklamasi teluk Jakarta.

“Katanya, kamu hati-hati. Jadi beliau mengatakan itu sebagai ayah. ‘Saya ini ayahmu. Kamu anak ayah, hati-hati’,” jelasnya.

Anies menganggap Habibie merupakan sosok negarawan sejati. Anies menilai Habibie kerap memberikan solusi bagi permasalahan bangsa tanpa harus muncul di hadapan publik.

“Jadi poin saya adalah beliau itu peduli, beliau itu tidak diam. Tapi tidak muncul di publik. Tidak ada pernyataan,” ujarnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait