Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Keren, Ini 7 Gaya Sederhana Jokowi yang Patut Ditiru

JAKARTA (!) – Presiden RI Joko Widodo, dikenal sebagai presiden yang sederhana dan merakyat. Meski menduduki jabatan tertinggi di negeri ini, namun Jokowi beserta keluarga tidak pernah lupa diri.

Kesederhanaan Jokowi telah ditunjukkan dalam banyak hal, mulai dari penampilan hingga gaya hidup. Berikut 7 potret kesederhanaan Jokowi yang bisa dijadikan contoh dalam menghemat keuangan.

Rayakan Tahun Baru

Kesederhanaan Jokowi

Dalam cuitan akun Twitter Presiden Jokowi, dia hanya merayakan tahun baru 2017 di rumah saja. Presiden lebih menikmati tahun baru dengan berkumpul bersama keluarga.

Menariknya, Jokowi mengunggah foto dirinya mengenakan sarung dan duduk di pembatas jalan di lingkungan Istana Bogor, Jawa Barat.

Memang berbeda dengan pergantian tahun ini, Presiden Jokowi tampak membuka istana kepresidenan dan mengundang masyarakat sekalian berkumpul dan makan bersama.

Cara Berpakaian Sederhana

Kesederhanaan Jokowi

Jika diperhatikan, Presiden Jokowi kerap tidak pernah memakai pakaian yang serba wah. Dia hampir selalu mengenakan setelan yang sama, yakni atasan kemeja putih dan juga bawahan hitam.

Sementara itu, pada perayaan hari-hari besar Jokowi mengenakan busana batik atau setelan jas atau cara berpakaian menunjukkan sosok orang yang sederhana dan bersahaja.

Jasa Penjahit Lokal

Kesederhanaan Jokowi

Presiden Jokowi beserta keluarganya selalu setia menggunakan jasa penjahit lokal yang telah mereka percaya kemampuannya.

Tentu harganya jauh lebih murah daripada busana bermerek atau buatan desainer ternama yang tarifnya mencapai belasan juta.

Barber Shop Bogor

Kesederhanaan Jokowi

Jokowi datang ke tempat potong rambut anak muda di Bogor bersama Kaesang. Seperti orang tua pada umumnya, sosoknya pun berpakaian sederhana dengan khas kemeja putihnya.

Potong rambut serta menggunakan pomade, tarifnya hanya Rp60 ribu.

Makanan Kaki Lima

Kesederhanaan Jokowi

Sebagai jamuan kepada menteri-menterinya, Jokowi ternyata lebih memilih makanan pinggiran khas kaki lima, bukan makanan restauran. Hal itu juga salah satu cara Jokowi untuk mendekatkan rakyat dengan Istana.

Dalam cuitan Twitter Presiden Jokowi mengatakan makanan kaki lima tersebut enak dan murah meriah.  Pesan sederhana beliau pun makin tampak jelas ya.

Produk dalam NegeriKesederhanaan Jokowi

Meski Jokowi merupakan sosok penting dan dihormati, namun beliau tidak malu berbelanja ke pusat perbelanjaan dan membeli produk dalam negeri yang sedang diskon.

Presiden Jokowi saat itu mengunjungi mal terbesar di Manado (Oktober 2017), dia membeli sepatu buatan dalam negeri dengan diskon 50% seharga Rp350 ribu. Tak perlu keluar uang berjuta juta untuk sebuah sepatu jika terbiasa dengan hidup hemat.

Pesawat Kelas Ekonomi

Kesederhanaan Jokowi

Jokowi sudah terbiasa menggunakan pesawat kelas ekonomi, hal itu telah dilakukannya sewaktu masih menjadi walikota Solo. Uniknya lagi, kesederhanaan Jokowi menurun pada anak-anak Jokowi.

Seperti beberapa waktu lalu sempat diperbincangkan publik, Gibran menggunakan bis di bandara bersama masyarakat, begitu juga Kaesang yang menggunakan kereta kelas ekonomi.

Anda mungkin juga berminat