Ketika Manager SDM Terjebak Keindahan ‘Neraka’

Suatu hari ketika sedang berjalan di pusat kota, seorang wanita manager sumber daya manusia ditabrak bus dan tewas secara tragis. Ruhnya sampai di surga dan langsung bertemu dengan malaikat yang sudah menunggu.

“Selamat datang di Surga Ibu,” kata malaikat. “Sebelum kamu bisa menetap di dalam Surga, sepertinya kita punya masalah. Kamu tahu, ternyata kita tidak pernah memiliki seorang manajer SDM sehingga kita benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan terhadap dirimu.”

“Tidak masalah, biarkan saja saya masuk,” kata wanita itu.

Saya juga ingin begitu Ibu, tapi saya memiliki amanat yang lebih tinggi. Apa yang akan kita lakukan adalah membiarkan Anda mengalami satu hari berada di dalam Neraka dan satu hari berada di dalam Surga. Setelah itu Anda dapat memilihdimana Anda ingin kekal selamanya,”lanjut malaikat tadi.

“Sebenarnya, saya sudah memutuskan… Saya jelas lebih suka tinggal di Surga.”

Mohon maaf sekali Ibu, tetapi di sini kami punya aturan,” jelas sang malaikat.

Dan setelah itu, malaikat mengantarkan manajer SDM tadi ke dalam lift untuk kemudian turun ke Neraka. Semua pintu kemudian terbuka dan manajer SDM menemukan dirinya melangkah keluar lift menuju lapangan hijau yang luas, indah dan sejuk.

Di kejauhan terlihat sebuah country club dan berdiri di depannya adalah teman-temannya sesama profesional SDM yang pernah bekerja sama dengannya.

Mereka semua mengenakan pakaian dan gaun yang indah serta bersorak memanggil dirinya. Beberapa bahkan berlari dan mencium di kedua pipi dan mereka berbicara tentang masa lalu.

Mereka sangat menikmati makanan mahal yang tersedia seperti steak atau lobster yang luar biasa segar. Si manager SDM terlihat bersenang-senang sebelum dia menyadari, bahwa ternyata waktunya sudah habis dan harus segera pergi.

Di kejauhan terlihat sebuah country club dan berdiri di depannya adalah teman-temannya sesama profesional SDM yang pernah bekerja sama dengannya.

Semua orang menjabat tangannya sambil melambaikan tangan saat dia kembali menuju lift yang tadi. Lift tersebut kemudian naik dan terbuka kembali di Surga tempat malaikat sedang menunggunya.

“Sekarang saatnya untuk menghabiskan satu hari di Surga,” katanya. Maka si manajer SDM menghabiskan 24 jam berikutnya untuk bersantai di awan sambil memainkan harpa dan bernyanyi.

Di kejauhan terlihat sebuah country club dan berdiri di depannya adalah teman-temannya sesama profesional SDM yang pernah bekerja sama dengannya.

Dia juga terus bersenang-senang sampai akhirnya 24 jam sudah habis dan malaikat datang kembali.

“Jadi, Anda telah menghabiskan satu hari di Neraka dan telah menghabiskan satu hari yang sama di Surga. Sekarang saatnya Anda harus memilih keabadian Anda,” kata malaikat.

Si wanita manajer SDM kemudian berhenti sejenak dan kemudian menjawab, “Hhmmm… Saya tidak pernah berpikir saya akan mengatakan ini. Maksud saya, Surga memang nyaman, tenang dan sejuk, tetapi saya pikir saya memiliki waktu yang lebih menyenangkan selama di Neraka.”

“Baiklah Ibu… mari saya antar” dan malaikat kemudian mengantarnya ke lift agar si wanita manajer SDM bisa turun kembali ke Neraka.

Ketika pintu lift terbuka, dia mendapati dirinya berdiri di tanah kosong yang tertutup sampah dan kotoran. 

Si wanita manajer SDM kemudian melihat teman-temannya yang sebelumnya sangat mewah kini berpakaian compang-camping sambil mengorek tempat sampah yang berserakan, menaruhnya di karung untuk makan malam. Iblis mendatangi dia, merangkul dan menertawakannya.

“Saya tidak mengerti,” tergagap komentar si wanita manajer SDM.

“Kemarin saya berada di sini, melewati sebuah lapangan yang sangat luas dan asri kemudian kami makan steak serta lobster yang segar kemudian kami berdansa dan bersenang-senang. Sekarang hanya ada tanah kosong, sampah dan kotoran serta semua teman HRD saya terlihat sangat menyedihkan.”

Iblis memandangnya dan menyeringai: “Kemarin kami sedang buka lowongan dan berusaha merekrut Anda… Hari ini Anda sudah menjadi pegawai biasa.”

 

Oleh Ivan Taufiza

Praktisi SDM profesional
Penulis buku Membangun SDM Indonesia Emas dan Tenang Aja

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -