Ketika Setya Novanto Minta Perlindungan Hukum, Begini Jawabannya

JAKARTA (!) – Ketua DPR RI Setya Novanto usai ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan KPK meminta perlindungan hukum kepada Presiden Joko Widodo, Kapolri Jenderal H. Muhammad Tito Karnavian, dan Jaksa Agung HM Prasteyo.

Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah memberikan penjelasan tidak ada perlindungan hukum yang bisa diberikan kepada Ketum Partai Golkar tersebut. Lalu, bagaimana dengan Jaksa Agung Prasetyo?

Jaksa Agung HM Prasetyo menolak permohonan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Setya Novanto yang meminta perlindungan hukum dalam kasus dugaan korupsi KTP elektronik (KTP-e).

“Setya Novanto membuat surat kepada Kejaksan Agung (meminta perlindungan hukum), tapi saya ingin sampaikan jaksa agung dan kejaksaan tidak punya kapasitas memberikan perlindungan,” katanya di Jakarta, Jumat (24/11).

Perlindungan yang dimaksud, kata dia, kepada seseorang yang sedang mengalami proses hukum dan pihaknya tidak akan mencampuri proses hukum yang sedang dilakukan oleh aparat penegak hukum lain.

Menurut Prasetyo, kejaksaan punya asumsi bahwa mereka (penyidik KPK) mempunyai bukti-bukti. “Jadi kalau minta perlindungan kejaksaan, sekali lagi kita tidak punya kapasitas seperti itu,” ucapnya, menegaskan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan Ketua DPR Setya Novanto agar mengikuti aturan yang ada pasca ditahan KPK karena menjadi tersangka kasus KTP elektronik, meski Setnov mengaku meminta perlindungan kepada Presiden.

Sementara itu, Kapolri menegaskan pihaknya menghormati proses hukum di KPK.
“Kita ikuti aturan hukum yang ada pada KPK dan Polri akan mendukung langkah-langkah KPK. Titik,” kata Tito kepada wartawan, Senin (20/11/2017).

“Saya sudah melakukan langkah-langkah dari mulai melakukan SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan) di Kepolisian dan mengajukan surat kepada perlindungan hukum kepada Presiden, maupun kepada Kapolri, Kejaksaan Agung dan saya sudah pernah praperadilan,” kata Setnov. (Ant)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -