Tahu Nggak Sih, Sahur itu Pembeda Puasa Muslim dan Non Muslim?

Tandaseru – Puasa identik dengan aktivitas makan sahur. Nyatanya makan sahur adalah sunnah yang sangat dianjurkan bagi orang yang akan berpuasa. Tidak hanya untuk puasa wajib, tapi untuk puasa sunnah juga. Biarpun sering dianggap remeh, Anda perlu tahu keutamaan makan sahur ini!

Sahur memang jadi tantangan bagi orang yang akan berpuasa, entah karena malas bangun pagi atau tidak terbiasa dengan makan besar di pagi hari.

Sahur dalam puasa adalah keberkahan yang dianjurkan Rasulullah. Rasul bersabda, “Bersahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.”(HR Bukhari dan Muslim).

Keutamaan makan sahur yang pertama yaitu mendapatkan keberkahan

Sahur yang dilakukan dengan niat menjalankan puasa, maka akan diberikan pula pahala berupa keberkahan pada orang yang menjalakannya. Keberkahan ini sangat luas, mulai dari keberkahan menahan hawa nafsu serta keberkahan untuk tetap mampu melakukan aktivitas sehari-hari.

Jalan pahala untuk dikabulkannya doa

Dengan bangun sahur Anda juga dapat menyibukkan diri dengan ibadah lainnya, berdoa serta berdzikir di waktu yang mulia, yaitu waktu ketika Allah SWT turun, dan diterimanya doa dan diampuninya dosa.

Hidayah keimanan

Perlu Anda ketahuikenyataannya para orang Yahudi dan Nasrani juga memiliki kebiasaan berpuasa, namun sahur merupakan syiar Islam yang menjadi pembeda dengan ajaran Ahli Kitab lainnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Perbedaan antara puasa kita dan puasa Ahli Kitab (Yahudi dan Nashrani) adalah makan sahur.” (HR. Muslim).

Orang yang sahur akan mendapat pahala keimanan berupa hidayah menjalankan sahur dengan ikhlas semata karena Allah SWT.

Diharamkan dari api neraka

Orang yang menjalankan ibadah puasa dan mengawalinya dengan sahur bersama niat karena menjalankan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya, maka akan mendapat pahala yang mulia dan terhindar dari api neraka.

Bahwa barang siapa merasa gembira dengan kedatangan bulan Ramadhan, Allah SWT mengharamkan jasadnya dari jilatan api neraka”. (HR. Bukhari).

Menjadikan hati istiqomah

Puasa tentu tidak hanya pada bulan Ramadhan saja, tetapi ada puasa sunnah lainnya yang baik jika dilakukan. Dengan rutin makan sahur, akan membuat hati menjadi istiqomah dan terbiasa bangun pagi sehingga memiliki kebiasaan disiplin.

Hidangan penuh kebaikan

Hendaknya kalian makan sahur, karena sesunguhnya hal ini adalah hidangan yang penuh dengan keberkahan.” (Hadits riwayat Imam Nasai dari Miqdam bin Ma’di Kariba).

Hidangan apapun yang disajikan untuk sahur merupakan hidangan penuh berkah, sehingga orang yang memakannya pun mendapat keberkahan.

Itulah beberapa keutamaan makan sahur yang menyimpan banyak pahala luar biasa. Sahur tak sekedar mengisi tenaga agar kuat berpuasa, namun sebagai wujud menjalankan perintah Allah SWT dan menjalankan sunnah Rasul yang jadi syariat islam.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -