KH Ma’ruf Amin Tanggapi Emak-Emak Kampanye Hitam di Karawang

Tandaseru – Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin prihatin atas hadirnya video viral ibu-ibu di Karawang, Jawa Barat, yang diduga melakukan kampanye hitam terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin.

KH Ma’ruf menilai aksi emak-emak itu sangat berbahaya bagi demokrasi di Indonesia.

Ma’ruf meminta kepada pihak terkait untuk segera menuntaskan kasus tersebut dan mendesak polisi untuk mencari aktor intelektualnya.

“Jadi sumber hoaks itu harus diketahui dan harus diproses,” kata Ma’ruf di sela-sela kunjungannya di Kuningan, Jawa Barat, Selasa (26/2).

Dia mengaku khawatir dengan maraknya kampanye hitam di musim kampanye ini. Dia pun mewanti-wanti bahwa kampanye hitam seperti di Karawang bisa menimbulkan konflik di masyarakat.

“Ini sangat berbahaya bagi demokrasi penegakan demokrasi dan keutuhan bangsa ini,” ujar dia.

Ma’ruf menyampaikan keheranannya terkait fitnah yang beredar. Fitnah itu sangat kontraproduktif dengan keinginan negara untuk menegakkan demokrasi melalui pilpres yang jujur dan bersih.

“Tetapi kemudian dikotori dengan cara seperti itu. Konflik horizontal konflik vertikal dan bahaya dan juga merusak demokrasi,” ucap Ma’ruf.

Video yang memperlihatkan tiga perempuan melakukan kampanye hitam marak beredar. Dalam video itu mereka berbicara dalam bahasa Sunda saat kampanye ke rumah-rumah warga.

Mereka mencoba meyakinkan warga bahwa jika Jokowi-Ma’ruf memenangkan Pilpres nanti, maka mereka akan melarang azan dan memperbolehkan pernikahan sesama jenis.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait