Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh, Perlu Anda Coba!

Tandaseru – Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih mampu mengatasi berbagai penyakit dan masalah kulit. Berikut ini beberapa khasiat bawang putih untuk kesehatan tubuh!

Bawang putih memang seringkali dijadikan salah satu bumbu utama di semua sajian masakan khas Indonesia. Selain sebagai bumbu utama dalam masakan, nyatanya sejak dulu bawang putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh loh.

Mengonsumsi bawang putih mendatangkan sederet manfaat untuk kesehatan. Baik yang dihancurkan atau langsung dikunyah bawang putih memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-jamur.

Meredakan demam dan flu salah satu manfaat bawang putih 

Manfaat mengonsumsi bawang putih dapat membantu meringankan demam dan flu yang penyebab utamanya adalah virus.

Caranya, anda bisa konsumsi 2-3 siung bawang putih (mentah atau sudah dimasak) per hari, atau campurkan ke dalam secangkir teh yang terdapat campuran jahe atau madu di dalamnya sebagai perasa.

Mengonsumsi bawang putih tidak hanya dapat melegakan hidung tersumbat karena flu tetapi juga meringankan demam, serta dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan virus flu.

Mencegah kanker

Bawang putih memiliki sifat yang dapat melawan kanker alami yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh kita. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara kanker pankreas, kanker usus, kanker perut, dan kanker prostat. Selain itu, menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.

Mengobati wasir atau ambeien

Manfaat bawang putih yang tak kalah penting yaitu bisa meredakan wasir yang meradang. Olesan sari bawang pada area anus akan membantu anda meredakan pembengkakan.

Menghilangkan jerawat juga khasiat dari bawang putih

Bawang putih bersifat antimikroba dan antibakteri  yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Caranya, cukup iris bawang putih, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat. Jangan lupa, pastikan pisau yang digunakan untuk memotong benar-benar higienis agar tidak ada bakteri.

Manfaat bawang putih untuk telinga

Siapa sangka manfaat bawang putih juga bisa digunakan untuk perawatan telinga loh! Bawang putih rupanya menjadi antibiotik yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyebab masalah di telinga, karena memiliki sifat anti jamur dan anti virus.

Caranya, ambil bawang putih yang telah dikupas (kira-kira sedikit lebih besar dari lubang telinga anda) kemudian letakkan dengan hati-hati di bagian pembukaan telinga.

Setelah beberapa saat, anda akan merasakan sensasi panas yang menyebar. Perlahan rasa sakit dan iritasi mulai mereda. Biarkan bawang tetap berada di telinga sepanjang malam.

Mengobati sakit gigi

Sifat antibakteri pada bawang putih dapat membantu mengobati sakit gigi. Untuk mengurangi rasa sakit, anda bisa meletakan bawang putih cincang pada gigi yang sedang sakit loh.

Itulah banyaknya manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh. Meski bawang putih memiliki bau yang tidak sedap bagi sebagian orang, kini tidak ada alasan lagi untuk kita menghindarinya ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -