5 Khasiat Super Belimbing Bagi Kesehatan, Harus Coba Nih!

Tandaseru – Buah memang kaya akan manfaat, salah satunya khasiat belimbing bagi kesehatan ini yang perlu banget untuk menjaga kebugaran tubuh!

Belimbing adalah salah satu buah yang cukup akrab untuk penduduk yang tinggal di iklim tropis seperti di Indonesia. Buah dengan bentuk bintang ini biasa disajikan sebagai campuran rujak karena rasanya yang menyegarkan.

Tapi ada sejumlah belimbing memang jenisnya punya rasa asam yang diolah jadi bumbu masak. Oleh sebab itu, belimbing jadi salah satu buah yang serbaguna.

Dilansir dari SELF Nutrition data, dengan menyantap sebuah belimbing ukuran sedang maka manusia bisa mencukupi kebutuhan vitamin C sampai 52 persen. Belimbing juga kaya akan kandungan air untuk menghidrasi tubuh.

Ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari sebuah belimbing. Kira-kira apa saja ya?

Khasiat belimbing bagi kesehatan, memperlambat kanker!

Ternyata tidak hanya khasiat yang ringan, kandungan antioksidan seperti quercetin, asam gallic, dan epicatechin pada belimbing mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kandungan vitamin C serta antioksidan akan membantu mempercepat proses detoksifikasi dengan membuang racun dalam tubuh.

Penelitian jurnal dari US National Library of Medicine tahun 2014 mengungkapkan, antioksidan dalam belimbing dapat mencegah penumpukan lemak di hati.

Bahkan penelitian yang dilakukan Radiation & Cancer Biology Laboratory, University of Rajasthan, India, antioksidan itu mampu memperlambat penyebaran sel kanker hati.

Meningkatkan kesehatan jantung

Belimbing memang punya rasa asam dan manis, itu sebabnya belimbing tinggi kandungan sodium dan potasium yang baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan tersebut bermanfaat sebagai elektrolit yang membantu mengontrol tekanan darah. Mineral dalam belimbing juga mampu menjaga peredaran darah agar tetap lancar dan mengontrol kestabilan detak jantung.

Menurunkan berat badan

Khasiat belimbing lainnya menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu buah belimbing ukuran sedang rata-rata punya kandungan 3 gram serat.

Sebaliknya, kandungan kalori dalam belimbing justru lebih sedikit, yaitu hanya sekitar 28 kalori. Serat mampu melancarkan proses pencernaan dan memaksimalkan penyerapan nutrisi.

Bukan itu saja, serat juga mampu membuat rasa kenyang bertahan jauh lebih lama, sehingga keinginan untuk makan dapat terkontrol dengan baik.

Mengontrol tekanan darah

Tidak sekedar agar tubuh terhidrasi dan terhindar dari kegemukan. Belimbing juga punya kandungan kalsium yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan menurunkan risiko gangguan jantung.

Caranya dengan mengendurkan saraf-saraf dan pembuluh arteri yang tegang di tubuh. Maka, detak jantung jadi lebih rileks dan peredaran darahnya pun jadi lebih lancar.

Khasiat belimbing lainnya bisa menguatkan tulang

Khasiat belimbing bagi kesehatan yang terakhir ini adalah mampu menguatkan tulang. Karena belimbing mengandung mineral yang cukup padat, seperti kalsium.

Dari data USDA, dalam satu mangkuk belimbing rata-rata punya kandungan 4 miligram kalsium. Jadi mampu meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.

Jika dikonsumsi secara teratur, kalsium belimbing dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang, terutama bagi orang yang lanjut usia.

Nah, banyak banget kan khasiat belimbing bagi kesehatan di atas? Cobalah mulai makan buah belimbing untuk kesehatan Anda!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait