Khas Indonesia Banget, Ini 4 Khasiat Beras Kencur yang Tak Tertandingi!

Tandaseru – Pernah minum jamu? Mungkin anak milenial cukup asing dengan minuman satu ini tapi nyatanya, ada banyak khasiat beras kencur yang tak tertandingi sejak zaman dahulu kala!

Bagi mereka yang tak pernah minum jamu mungkin bisa menikmati beras kencur terlebih dahulu. Pasalnya, jamu beras kencur merupakan jamu yang paling mudah diterima lidah dibandingkan yang lainnya.

Beras kencur masih memiliki rasa manis dan legit saat diminum, jadi bagi pemula masih nyaman untuk dinikmati, jika sudah terbiasa barulah mencoba jamu lainnya seperti kunyit dan brotowali jika berani.

Tapi hanya meminum jamu beras kencur saja, Anda bisa mendapat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja khasiat beras kencur tersebut?

Khasiat beras kencur bisa meningkatkan nafsu makan

Untuk khasiat yang pertama ini, sangat cocok bagi ibu yang pusing dengan buah hati yang sangat sulit makan, karena beras kencur punya manfaat yang baik untuk meningkatkan nafsu makan.

Hanya dengan membeli jamu di tukang jamu keliling atau membuat beras kencur sendiri di rumah, jamu satu ini memang memiliki kandungan yang menjadikan nafsu makan meningkat, karena alami jadi sangat aman untuk dikonsumsi anak.

Menghilangkan lelah dan pegal

Bukan hanya nafsu makan yang bisa ditingkatkan, tapi zat analgesic yang terkandung dalam jamu beras kencur bisa mengurangi rasa lelah, pegal serta nyeri di tubuh.

Jadi bagi Anda yang sering lembur, minuman herbal satu ini bisa sangat cocok untuk Anda, apalagi bagi wanita karier yang mudah lelah.

Mengobati penyakit maag

Khasiat beras kencur yang lainnya adalah bisa melindungi lambung. Bagi orang yang memiliki sakit maag, jamu ini bisa sangat cocok, karena sifatnya yang mampu menebalkan dinding lambung.

Manfaatnya yang baik bagi lambung itulah yang membuat beras kencur aman jika dikonsumsi setiap hari. Tapi sebaiknya saat mengonsumsi beras kencur hindari untuk menambahkan jahe serta asam agar tak sampai mengiritasi lambung Anda.

Mengobati masuk angin

Selain bisa melindungi lambung, kencur yang hangat dan dicampur dalam beras diyakini bisa mengobati masuk angin. Bukan itu saja, rasa hangat yang tercipta dari minuman herbal tersebut juga bisa mengurangi rasa mual saat masuk angin.

Memang tidak hanya beras kencur, ada banyak jamu tradisional lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Apalagi saat ini sudah banyak minuman jamu kekinian yang bisa dipesan secara online jika Anda repot membuatnya sendiri.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja khasiat beras kencur? Sekarang jangan anti atau malas lagi minum jamu ya, karena benar-benar punya manfaat yang tiada tanding!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait