Buka Puasa Dengan Buah Naga Banyak Khasiatnya Loh!

Tandaseru – Buah-buahan memang menyegarkan terutama saat buka puasa, tapi tahu nggak apa khasiat buah naga jika disantap usai berbuka puasa?

Ada banyak jenis buah, namun buah yang bercitarasa manis dengan kandungan air yang cukup banyak, membuat buah naga bisa jadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi ketika Ramadan.

Bukan hanya bisa dimakan langsung, tapi buah naga juga dapat dikreasikan jadi beragam olahan, seperti jus, es krim, puding bahkan keripik.

Data yang dirilis USDA Agricultural Research Service, mengungkapkan satu buah naga seberat 227 gram, memiliki kandungan; 136 kalori, 3 gram protein, 29 gram karbohidrat dan 7 gram serat.

Oleh sebab itulah, kenapa buah yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis ini punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat buah naga salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh!

Selama berpuasa, tentu tubuh akan lebih terasa lemas bahkan mudah sakit. Tapi dengan mengonsumsi buah naga yang kaya akan vitamin C, dapat meningkatkan kekebalan tubuh ketika berpuasa.

Bukan itu saja, kehadiran mineral seperti vitamin B1, B2, B3 serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat pun berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat SakitDapat mengontrol nafsu makan

Bukan hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, buah naga pun bisa mengontrol nafsu makan. Hal ini sangat penting terutama untuk Anda yang menjalankan ibadah puasa, karena mengonsumsi buah naga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Hal yang membuat buah naga jadi salah satu bahan makanan yang bisa membuat seseorang lebih lama merasa kenyang adalah kandungan serat di dalamnya.

Menjaga kesehatan usus

Khasiat buah naga yang terakhir adalah untuk menjaga kesehatan usus, ketika berpuasa memang penting membuat usus lebih nyaman dan sehat.

Dengan usus yang bermasalah dapat menganggu kelancaran Anda berpuasa. Menurut studi yang diterbitkan pada Food Chemistry, buah naga punya kandungan probiotik atau senyawa yang mampu mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan.

Pada studi yang sama, buah naga juga disebutkan bisa membantu proses pertumbuhan dua bakteri baik seperti, bakteri asam laktat dan bifidobacteria dalam tubuh.

Nah bagaimana menurut Anda tentang khasiat buah naga di atas? Buka puasa nanti segera konsumsi buah tersebut untuk rasakan sendiri manfaatnya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait